Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Dukung perjuangan Papua, warga Inggris protes aktivtas BP di Papua Barat
  • Sabtu, 22 Juli 2017 — 07:48
  • 3367x views

Dukung perjuangan Papua, warga Inggris protes aktivtas BP di Papua Barat

"Untuk mengebor gas di Papua Barat, BP bermitra dengan pemerintah Indonesia yang terus menduduki Papua Barat dan menekan Penduduk Asli Papua,” jelas Sam.
Lima warga kota Hull yang melakukan protes pada aktivitas BP di West Papua - IST
Victor Mambor
victor_mambor@tabloidjubi.com
Editor :

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Aktivis Hak Asasi Manusia di Kota Hull, Inggris malakukan protes pada sebuah kegiatan ceramah yang disponsori oleh British Petroleum (BP) yang salah satu proyek gasnya ada di Papua Barat.

Rabu (19/7/2017) malam, warga Kota Hull yang sedang mendengarkan ceramah yang diselenggarakan oleh tim Kota Budaya, terkejut saat lima orang tiba-tiba muncul di atas panggung Galeri Seni Ferens di pusat kota Hull untuk melakukan protes. Kelima pria dan wanita, yang menentang sponsor BP selama bertahun-tahun di Kota Budaya Hull, semuanya mengangkat poster kecil yang berisi foto dan tulisan dukungan untuk orang-orang di West Papua.

Sam Donaldson, satu dari lima orang yang melakukan protes kepada Jubi, Jumat (21/7/2017) mengatakan protes tersebut mereka lakukan sebab BP berusaha untuk meningkatkan brand dan menutup mata atas dampak destruktifnya terhadap masyarakat dan lingkungan di West Papua.

"Di seluruh dunia, BP mengumpulkan keuntungan dengan bekerja dengan rezim yang secara rutin menyalahgunakan hak asasi manusia. Untuk mengebor gas di Papua Barat, BP bermitra dengan pemerintah Indonesia yang terus menduduki Papua Barat dan menekan Penduduk Asli Papua,” jelas Sam.

Sebagai warga Kota Hull, Sam menentang sponsorship yang diberikan BP selama bertahun-tahun untuk menjadikan kotanya ini sebagai Kota Budaya.

“Kami menunjukkan dukungan kami pada perjuangan rakyat West Papua,” lanjut Sam.

Menurut kelompok tersebut, masyarakat Papua Barat menghadapi kekerasan dan intimidasi yang meluas setiap hari. Sebuah petisi telah dibuat oleh komunitas internasional untuk meminta Sekjen PBB menunjuk 'perwakilan khusus' untuk menyelidiki situasi HAM di Tanah Papua.

Aktivis lainnya yang terlibat dalam protes tersebut menyinggung resiko naiknya permukaan laut yang akan dihadapi Kota Hull dalam beberapa dekade mendatang.

"Hull adalah salah satu kota di Inggris yang paling berisiko menghadapi naiknya permukaan laut dalam beberapa dekade mendatang. Dengan menerima sponsor BP, Kota Budaya Hull telah membantu mempromosikan salah satu perusahaan bahan bakar fosil yang dengan ceroboh memicu pemanasan global, dengan dampak yang pasti akan merusak kota kita di masa depan,” kata Pelle Hjek.

Aksi protes ini diterima oleh Fran Hegyi, direktur eksekutif Hull 2017. Meskipun ia mengakui dukungannya untuk BP sebagai mitra pendanaan namun ia juga menyambut baik protes yang dilakukan dengan damai itu.

"Setiap orang memiliki hak untuk melakukan demonstrasi secara damai dan ceramahnya berjalan sesuai rencana," kata Fran Hegyi dikutip Hull Daily Mail.

Kota Hull dinobatkan sebagai Kota Budaya 2017, mengalahkan Leicester, Dundee dan Swansea Bay. Sepanjang tahun ini akan ada sejumlah besar acara, termasuk balet, pameran, debat, festival dan film untuk merayakan penobatan kota tersebut sebagai Kota Budaya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Paduan suara remaja Biak ikut kompetisi tingkat dunia

Selanjutnya

Kali ini Vanuatu desak ACP-EU dukung resolusi West Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe