Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. KNKT masih investigasi pesawat Tri MG dan AMA
  • Sabtu, 22 Juli 2017 — 09:17
  • 2619x views

KNKT masih investigasi pesawat Tri MG dan AMA

Investigator KNKT, Masruri di Wamena, Jumat (21/7/2017) menjelaskan, hasil investigasi KNKT didukung Diektorat Jenderal Perhubungan Udara yang masih mengumpulkan data, baik yang berhubungan dengan pesawat, maupun berbagai informasi lainnya dari pihak Bandara Wamena, CCTV, dan dari Airnav di Wamena, sehingga masih sebatas pengumpulan data.
Investigator KNKT, Masruri (tengah) bersama perwakilan UPBU Bandara Kelas I Wamena saat memberikan keterangan pers – Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Timoteus Marten

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Wamena, Jubi – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih menginvestigasi tergelincirnya pesawat kargo Tri MG PK-YGG di Bandara Wamena, dan jatuhnya pesawat AMA jenis pilatus PC 6 dengan nomor registrasi PK RCX di sekitar Distrik Mbua, Kabupaten Nduga.

Investigator KNKT, Masruri di Wamena, Jumat (21/7/2017) menjelaskan, hasil investigasi KNKT didukung Diektorat Jenderal Perhubungan Udara yang masih mengumpulkan data, baik yang berhubungan dengan pesawat, maupun berbagai informasi lainnya dari pihak Bandara Wamena, CCTV, dan dari Airnav di Wamena, sehingga masih sebatas pengumpulan data.

“Kami tidak menentukan waktu berapa lama, meski kami ingin secepatnya. Namun demikian, kami juga harus melihat kualitas rekaman-rekaman yang ada. Bahwa dapat dengan mudah dipelajari dan dianalisis dari data yang ada, untuk bisa menggali hal apa yang membuat pesawat mendarat berbelok ke kiri usai landing,” katanya.
 
Menurutnya, dalam melakukan investigasi, KNKT tidak melakukan perkiraan-perkiraan dan itu tidak dibenarkan sama sekali, sehingga betul-betul dengan data akurat dianalisis secara ilmiah, untuk menentukan kenapa, mengapa dan bagaimana rekomendasi yang akan dikeluarkan bagi operator dan bandara apabila ada sesuatu yang terkait airnav, dan terkait pesawat akan disampaikan.

Terikait muatan di dalam pesawat saat kecelakaan, KNKT masih melakukan penimbangan dan angka-angka yang ada tidak lebih dari pada yang tercatat, dan kini barang-barang yang belum ditimbang masih diverifikasi.
 
“Yang pasti dari hasil investigasi sementara, soal bandara Wamena kami tidak melihat keluarnya pesawat Tri MG ini akibat faktor Bandara Wamena,” katanya.
 
Sedangkan terkait jatuhnya pesawat Pilatus milik AMA, Masruri mengakui telah mengirimkan kapten penerbang Nurcahyo sebagai kepala investigasi penerbangan dan Mucu sebagai investigator. Namun hingga kini belum bisa masuk ke lokasi jatuhnya pesawat karena masalah cuaca.

“AMA pun masih menjanjikan akan masuk ke lokasi untuk mengambil foto dengan teknologi yang ada. Selain itu ada tim yang dikirim ke lokasi, sepertinya masih dalam proses negosiasi dengan masyarakat setempat,” katanya.
 
Sebelumnya, pelaksana harian Kepala Unit Pengelolaan Bandar Udara (UPBU) Kelas I Wamena, Ferdy Halatu mengakui, pada Kamis (19/7/2017) tim dari Kementerian Perhubungan dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah tiba di Wamena.

Selanjutnya, dilakukan investigasi tergelincirnya pesawat Tri MG PK-YGG, dimana yang tiba kurang lebih 9 orang, dan hasil dari investigasinya akan disampaikan langsung oleh KNKT.

“Semua hal akan dilihat dalam tahap investigasi, seperti kondisi crew, instrument pesawat, kesiapan dari fasilitas bandara sendiri dan lainnya,” ujar Ferdy Halatu. (*)

loading...

Sebelumnya

Bupati sampaikan capaian Jayawijaya kepada Kedubes AS

Selanjutnya

Jayawijaya percepat APBD Perubahan 2017 dan pembahasan APBD 2018

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Berita Papua |— Sabtu, 17 Februari 2018 WP | 5642x views
Penkes |— Senin, 12 Februari 2018 WP | 2808x views
Pasifik |— Rabu, 14 Februari 2018 WP | 2699x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe