Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. SP PAMSIMAS Papua desak PT Miranthi revisi kontrak karya
  • Sabtu, 22 Juli 2017 — 09:25
  • 2713x views

SP PAMSIMAS Papua desak PT Miranthi revisi kontrak karya

Ia menambahkan sekarang para tenaga pendamping sadar bahwa secara tidak langsung mereka juga pelaku pembangunan di tingkat kampung di masyarakat dan mereka menyentuh di sektor air minum.
Pekerja yang tergabung dalam Serikat Pekerja Pamsimas (SPP) Provinsi Papua dari 12 kabupaten. - Agus Pabika
Agus Pabika
pabikaa169@gmail.com
Editor : Dominggus Mampioper

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi – Para pekerja yang tergabung dalam Serikat Pekerja Pamsimas (SPP) Provinsi Papua dari 12 kabupaten di Provinsi Papua, mendesak kepada PT Miranthi untuk merevisi kontrak pada Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Senitasi (PAMSIMAS III), sebab dalam isi kontrak tersebut tidak diketahui oleh tenaga pendamping.

Hal ini disampaikan Ketua Serikat Pekerja Pamsimas (SPP) Provinsi Papua Everd Berotabui ketika ditemui Jubi, Jumat, (21/7/2017), di sekretariatnya Expo Waena.

Program PAMSIMAS kata dia telah membangun di tanah Papua selama 2013-2016, seiring dengan rencana program jangka menengah universal air bersih di seluruh Indonesia. Dikatakan pada 9 Desember 2016 pemerintah provinsi Papua melalui dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua bekerja sama dengan PT MIRANTHI untuk memfasilitasi tenaga pendamping di 12 kabupaten di tanah Papua.

“Pada awal berjalannya PAMSIMAS III banyak mengalami kekurangan di kontrak kerja fasilitator. Awalnya teman-teman sudah banyak bersuara agar fasilitator untuk mengubah kontrak kerja, dan yang menjadi sorotan kami di mana kita punya biaya operasional untuk 12 kabupaten di Papua disama-ratakan Rp 1.23 ribu (satu juta dua puluh tiga ribu) dan juga tidak ada BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan, dan tidak ada THR.” katanya.

Ia menambahkan sekarang para tenaga pendamping sadar bahwa secara tidak langsung mereka juga pelaku pembangunan di tingkat kampung di masyarakat dan mereka menyentuh di sektor air minum.

“Sudah berjalan delapan bulan ini tidak ada niat baik dari pihak Satker dan PT MIRANTHI sehingga teman-teman bertekad untuk memperjuangkan hak, sehingga membentuk Serikat Pekerja Pamsimas Papua untuk memperjuangkan hak-hak yang belum terakomodir dalam kontrak kerja, karena pada saat itu PT Miranthi hanya membacakan nilai uang sedangkan isi dokumen tersebut tidak di ketahui selama kurang lebih tiga bulan,” katanya.

Dia menambahkan, para pekerja meminta biaya operasional di 12 kabupaten harus disama-ratakan Rp 1.23 ribu. "Kami beberapa kali sudah mengajukan permohonan untuk difasilitasi oleh pihak Satker atau pihak penyelengaran program yaitu ROMS 18 Papua dan PT Miranthi, untuk melihat permasalahan ini namun sampai saat ini belum ada solusi untuk menjawab persoalan pekerja," katanya.

Hari ini, Jumat (21/7/2017) kata dia, teman-teman semua dari 12 kabupaten, kabupaten Merauke, Asmat, Mappi, Timika, Nabire, Waropen, Yapen, Paniai, Mamberamo Raya, Mamberamo Raya, Tolikara dan Jayawijaya dengan 94 tenaga pendamping telah sepakat untuk menahan semua aktivitas pencairan.

Sementara itu, Serikat Pekerja Pamsimas (SPP) Provinsi Papua Petrus Kambu, berharap Satker harus memberikan perhatian penuh terhadap kontrak kerja yang memang jelas-jelas bertentangan dengan undang-undang. Pasalnya kata dia UU mengharuskan untuk setiap tenaga kerja harus diberikan jaminan kerja sosial, kesehatan dan lainnya tapi dalam kontrak kerja tidak tercantum.

“Dari serikat buruh meminta untuk kontrak ini perlu diamandemen/diubah sehingga asuransi itu diberikan kepada para tenaga pendamping. Dan juga sudah tercantum dalam UU ketenagakerjaan tahun 2013 pasal 86 ayat 1, 2 dan 3 menyebutkan harus ada perlindungan terhadap pekerja,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Pembangunan pabrik betatas dalam proses lelang

Selanjutnya

TNI AU rencana bangun pangkalan di Wamena untuk tol udara

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe