Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. TNI AU rencana bangun pangkalan di Wamena untuk tol udara
  • Sabtu, 22 Juli 2017 — 09:49
  • 3333x views

TNI AU rencana bangun pangkalan di Wamena untuk tol udara

Dalam pertemuan itu, TNI Angkatan Udara berencana akan membangun pangkalan baru di Wamena, juga membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam pengangkutan segala barang kebutuhan di pegunungan tengah Papua.
Pangkops AU II, Marsda TNI Yadi Indrayadi Sutandika usai bertemu dengan Bupati dan forkopimda Jayawijaya-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Dominggus Mampioper

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Wamena, Jubi – Pangkops AU II, Marsda TNI Yadi Indrayadi Sutandika, Jumat (21/7/2017) melakukan pertemuan dengan Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo bersama forum koordinasi pimpinan daerah Jayawijaya di ruang kerja bupati.

Dalam pertemuan itu, TNI Angkatan Udara berencana akan membangun pangkalan baru di Wamena, juga membantu pemerintah daerah dan masyarakat dalam pengangkutan segala barang kebutuhan di pegunungan tengah Papua.

Pangkops AU II, Marsda TNI Yadi Indrayadi Sutandika menjelaskan, kunjungan kerjanya kali ini di wilayah timur Indonesia, selain ke Wamena juga mengunjungi Dumatubun, Merauke, Yahukimo dan Wamena Jayapura, Biak dan Sorong.

Menurut Pangkops kedatangannya selain melihat fasilitas TNI AU di Wamena, juga melakukan silaturahmi dengan Bupati dan forum koordinasi pimpinan daerah.

"Ada niatan dari pemerintah daerah mewakili rakyat akan memberikan lahan kepada kami sebagai tempat kami mendirikan pangkalan TNI AU, yang bisa meningkatkan frekuensi penerbangan dukungan, yang bisa membantu pembangunan di Wamena dan kabupaten pemekaran lainya,” kata jenderal bintang dua TNI angkatan udara ini.

Dia menjelaskan, ke depan selain akan dibangun pangkalan Lanud tipe C di Wamena, TNI AU juga akan membantu untuk berusaha mencoba menjembatani investor-investor yang bisa membantu kelancaran pembangunan atau penanganan ekonomi di pegunungan tengah Papua. Dikatakan bantuan itu berupa penyediaan guna meningkatkan frekuensi kargo sehingga bisa mengangkut berbagai segala kebutuhan-kebutuhan material-material dan berbagai kebutuhan lainnya.

Terkait armada yang akan disiapkan sendiri, Marsda TNI Yadi Indrayadi Sutandika mengakui secara bergantian sesuai dengan jadwal tengah diarahkan menuju Wamena.

“Untuk lahan dari pemerintah daerah dan beberapa fasilitas akan didukung pemda, hanya yang sifatnya tidak spesifik atau umum akan dibicarakan untuk dibangun bersama,” tegasnya.

Dia menambahkan, rencana ini pula guna mendukung adanya program tol udara demi memasok segala kebutuhan masyarakat di Jayawijaya dan kabupaten pemekaran lainya.

Sekda Jayawijaya, Yohanis Walilo mewakili Bupati kepada wartawan menjelaskan, pertemuan salah satunya membahas peningkatan pangkalan udara yang ada di Wamena, sehingga membutuhkan lokasi areal pangkalan yang lebih besar dari yang ada saat ini.

Lokasi yang ada saat ini tidak lama lagi akan digusur untuk pembangunan wirehouse untuk kepentingan kargo. Oleh karena itu, Bupati berjanji akan mencarikan bersama dengan rencana pembangunan VIP Room Bandara Wamena.

“Oleh karena itu dengan Pangkops AU II sudah melakukan semacam perjanjian untuk pihak pemda akan menyiapkan lahan, sementara itu mereka yang akan bangun. Tetapi ke depan, TNI AU akan menyiapkan armada yang cukup untuk melayani kebutuhan di pegunungan ini, terutama barang untuk memperlancar perkembangan ekonomi di pegunungan tengah ini,” ungkap Sekda.

Hal lain terkait dengan kerja sama, lanjut Sekda, mungkin akan ditambahkan personel di Wamena untuk membantu status itu, sehingga membutuhkan personel sekaligus menempatkan anggota TNI AU di Wamena guna membantu memperlancar arus keluar pesawat dan barang.

“Lokasinya sendiri di seputaran Bandara, yang mana mereka membutuhkan lahan kurang lebih 700x500 meter persegi, sehingga kalau sudah ada grand desainnya akan diusahakan,” paparnya. (*)

loading...

Sebelumnya

SP PAMSIMAS Papua desak PT Miranthi revisi kontrak karya

Selanjutnya

Digagalkan, beginilah modus penyelundupan miras dari Manado ke Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe