Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Ribuan guru sekolah YPK belum miliki sertifikasi
  • Selasa, 25 Juli 2017 — 18:25
  • 1149x views

Ribuan guru sekolah YPK belum miliki sertifikasi

Ketua Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) Provinsi Papua Nomensen Mambraku mengatakan, dari 8.539 guru yang bernaung di bawah YPK di Tanah Papua baru 40 persen yang sudah tersertifikasi.
Ilustrasi Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura I Wayan Mudiyasa saat memberikan sertifikat kepada siswa berprestasi - Jubi/ Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Syofiardi

Papua No. 1 News Portal I Jubi
 
Jayapura, Jubi – Ribuan guru di sekolah-sekolah yang bernaung di Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) di Tanah Papua belum memiliki sertifikasi.
 
Ketua Yayasan Pendidikan Kristen (YPK) Provinsi Papua Nomensen Mambraku mengatakan, dari 8.539 guru yang bernaung di bawah YPK di Tanah Papua baru 40 persen yang sudah tersertifikasi.
 
"Di kami yang belum tersertifikasi sebanyak 60 persen (lebih 5 ribu –red), ke depan kami akan berupaya seluruh guru yang bernaung di bawah YPK akan melakukan ujian sertifikasi," katanya kepada Jubi.
 
Menurut, Nomensen, guru harus memiliki sertifikasi karena harus menguasai materi yang akan disampaikan. Namun ada hal yang lebih penting, seorang guru harus menguasai metode yang menentukan proses pembelajaran. Guru yang menguasai metode lebih baik daripada guru yang hanya menguasai materi.
 
"Itu artinya, semua metode, media, referensi, dan sebagainya tidak ada artinya apabila guru tersebut tidak mampu memerankan tugasnya dengan baik, guru sangat penting dalam dunia pendidikan maka harus memiliki SDM yang baik, hal yang mutlak dalam proses pembelajaran," ujarnya.
 
Dikatakan, sebagai profesional, seorang guru harus memiliki standar pendidikan yang dapat dicapai dengan memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik.
 
"Sebagai tenaga profesional, tentunya ada konsekuensi atau standar kelayakan yang harus ditempuh seorang guru, salah satu wajib memiliki kompetensi yang sudah tersertifikasi," katanya.
 
Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa mengungkapkan, di Kota Jayapura guru-guru yang sudah tersertifikasi baru 40 persen.
 
"Kami berharap ke depannya semua guru sudah tersertifikasi sehingga dapat memberikan pembelajaran kepada anak-anak kita sesuai dengan kurikulum yang berlaku sekarang yaitu K-13," ujarnya. (*)

Sebelumnya

ORI Papua terima pengaduan 6 sekolah lakukan pungli

Selanjutnya

HMPLJ data mahasiswa studi akhir untuk beasiswa

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe