Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Mamta
  3. Rakerda, KNPI Sarmi rumuskan beberapa program prioritas  
  • Rabu, 26 Juli 2017 — 06:17
  • 1537x views

Rakerda, KNPI Sarmi rumuskan beberapa program prioritas  

“Program yang kami lakukan bagaimana membentuk pemuda yang mandiri, dari berbagai sisi, yakni ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan bidang kebudayaan,” katanya.  
Ketua dan Bendahara KNPI Kabupaten Sarmi usai mengikuti dies natalis ke-44 di GOR Cenderawasih – Jubi/Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
Editor : Timoteus Marten
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi
 
Jayapura, Jubi – Dewan Pimpinan Daerah (PDP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Sarami menggelar rapat kerja daerah (rakerda) pada Kamis (27/7/2017).
 
Ketua DPD KNPI Kabupaten Sarmi, Yulianus N. Kyew Kyew kepada wartawan, di Kota Jayapura, Selasa (25/7/2017) mengatakan, dalam kegiatan itu akan merumuskan beberapa program prioritas.
 
“Program yang kami lakukan bagaimana membentuk pemuda yang mandiri, dari berbagai sisi, yakni ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan bidang kebudayaan,” katanya.
 
Dalam bidang ekonomi, katanya, KNPI mendorong pemuda untuk menanam. Dalam pendidikan, lanjutnya, banyak anak usia produktif putus sekolah, sehingga harus dimediasi untuk disekolahkan.
 
“Aspek kesehatan pihaknya akan melakukan pengobatan massal dan gerakan tolak narkoba, dan bidang kebudayaan membuat sanggar budaya,” katanya.
 
Menurutnya, sanggar budaya bertujuan untuk mengangkat dan melestarikan budaya suku-suku Surei, Amati, Rungguai, Manire dan Isirawa (SARMI).
 
“Kita angkat dan melindungi budaya dari kepunahan agar pemuda di Sarmi bisa mengembangkannya di kancah nasional maupun internasional,” katanya.

Menurut Yulianus beberapa warisan budaya yang harus dijaga, seperti, tarian yosim pancar (yospan) dan tarian lemon nipis.
 
Dengan ada sanggar, katanya, pihaknya dapat menampung budaya-budaya suku SARMI.
 
“Saya mengamati semakin lajunya pembangunan, budaya yang mengakar sejak kecil ini terkikis perlahan-lahan,” katanya.

Di tempat yang sama, Bendahara DPD KNPI Sarmi, Yohan Sosomar mengatakan, perkembangan suatu daerah bakal stagnan tanpa keterlibatan pemuda.
 
Maka dari itu, melalui rakerda pijaknya berinisiatif mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki pemuda. Dengan demikian, kaum muda dapat terlibat dalam pembangunan.
 
Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sarmi yang berupaya mendukung program-program kerja KNPI. (*)

loading...

Sebelumnya

Wilayah Yamo juara umum pertandingan persahabatan GIDI

Selanjutnya

Uncen gelar beberapa lomba sambut Dies Natalis

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe