Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Pasifik
  3. Uni-Eropa jajaki pembaruan hubungan dengan Pasifik paska 2020
  • Kamis, 27 Juli 2017 — 09:54
  • 795x views

Uni-Eropa jajaki pembaruan hubungan dengan Pasifik paska 2020

"Ini adalah saat yang penting bagi hubungan Uni Eropa - Pasifik. Kami berkomitmen untuk lebih dekat lagi dengan Pasifik. Perjanjian Cotonou yang mengikat negara-negara ACP dengan EU berakhir pada 2020," jelas Jacobs.
Perwakilan Pertemuan ke-47 Komite Perwakilan Pemerintah dan Administrasi (CRGA 47) menerima sambutan dari masyarakat adat Kanak - IST
PINA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Utusan khusus Uni Eropa dalam Perjanjian Pasca-Cotonou, Pascal Lamy memberikan penjelasan singkat mengenai hubungan negara-negara Uni Eropa dan ACP dihadapan para pemimpin Pasifik pada Konferensi ke-10 Komunitas Pasifik yang dimulai di Noumea Rabu (26/7/2017).

Berbicara pada Pertemuan ke-47 Komite Perwakilan Pemerintah dan Administrasi (CRGA 47), pemimpin delegasi Uni Eropa ke Pasifik, Duta Besar Andrew Jacobs mengatakan bahwa kunjungan Lamy adalah bagian dari kegiatan penjangkauan UE dimana pertukaran akan dilakukan dengan semua pemangku kepentingan untuk menentukan yang terbaik. Eropa saat ini sedang mempersiapkan proposal untuk menegosiasikan arah hubungan dengan Pasifik setelah tahun 2020.

Pemangku kepentingan yang akan menjadi mitra konsultasi akan terdiri dari Negara-negara Anggota, Parlemen Eropa, negara-negara ACP, aktor non-negara (masyarakat sipil, mitra ekonomi dan sosial dan sektor swasta), organisasi regional, pemerintah daerah, dan negara-negara non-ACP.

"Ini adalah saat yang penting bagi hubungan Uni Eropa - Pasifik. Kami berkomitmen untuk lebih dekat lagi dengan Pasifik. Perjanjian Cotonou yang mengikat negara-negara ACP dengan EU berakhir pada 2020," jelas Jacobs.

Uni Eropa menurut Jacobs akan memulai negosiasi formal mengenai penerus perjanjian ini pada akhir tahun ini atau sekitar tahun depan. Saat ini ia sedang menunggu mandat negosiasi dari negara anggota yang saat ini sedang dalam tahap penyusunan.

Sementara itu Pascal Lamy telah ditunjuk oleh Komisaris Mimica untuk melakukan semacam pekerjaan penjangkauan sebelum negosiasi formal.

Jacobs mengatakan Lamy akan melakukan diskusi bilateral dengan para pemimpin Pasifik untuk mengukur prioritas regional dalam hal hubungan antara UE dan ACP.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada SPC, Pemerintah Kaledonia Baru karena memfasilitasi keterlibatan Lamy dalam konferensi ini. Dia akan mengadakan beberapa diskusi bilateral selain diskusi dengan para pemimpin secara keseluruhan untuk mendapatkan beberapa gagasan awal mengenai apa yang oleh beberapa mitra Pasifik dilihat sebagai prioritas dalam kaitannya dengan hubungan antara negara-negara Uni Eropa dan ACP setelah tahun 2020," lanjut Duta Besar Jacobs.

Dia mengatakan bahwa hasil diskusi tersebut akan disampaikan kepada Komisaris UE untuk Kerjasama dan Pembangunan Internasional, Neven Mimica.

"Komisaris Mimica akan hadir dalam pertemuan Pemimpin Forum Kepulauan Pasifik di Apia pada bulan September. Dia akan melakukan beberapa diskusi tentang apa yang telah dikatakan antara pemimpin Pasifik dan Pascal Lamy dalam beberapa hari berikutnya. Lamy juga akan berkunjung ke Australia dan Selandia Baru," kata Duta Besar Jacobs.

Diskusi mengenai masa depan kemitraan setelah 2020 sedang berlangsung baik di sisi Eropa maupun ACP.

Hubungan Uni Eropa dengan Kelompok Negara Afrika, Karibia dan Pasifik (ACP) telah diatur oleh sejumlah kesepakatan, yang berasal dari konvensi Lomé yang ditandatangani pada tahun 1975, yang bertujuan untuk mendukung upaya Negara-negara ACP untuk bergerak menuju pembangunan swadaya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Di Fiji, 50 ton tanah per hektar hilang setiap tahun

Selanjutnya

Merpati endemik di French Polynesia terancam punah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe