Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Harga mahal, petani tak sanggup beli pupuk non subsidi
  • Kamis, 27 Juli 2017 — 12:33
  • 995x views

Harga mahal, petani tak sanggup beli pupuk non subsidi

“Selama ini kami hanya mengandalkan dengan membeli pupuk subsidi. Karena harganya masih dapat dijangkau, meskipun kuota yang diberikan terbatas,” ujarnya.
Lahan persawahan masyarakat di Kampung Telaga Sari, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke – Jubi/Frans L Kobun
Ans K
frans@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Merauke, Jubi - Petani di kampung-kampung di Distrik Kurik, Kabupaten Merauke kesulitan mendapatkan pupuk subsidi dalam jumlah banyak. Karena kuota yang disiapkan sekaligus diberikan distributor sangat terbatas.

Hal itu disampaikan salah seorang petani di Kampung Telaga Sari, Riyanto kepada Jubi Rabu (26/7/2017). Dikatakan, harga pupuk non subsidi yang dijual pengecer, sekitar Rp 600.000/kuintal. Harga tersebut, dirasakan sangat mahal oleh petani.

“Selama ini kami hanya mengandalkan dengan membeli pupuk subsidi. Karena harganya masih dapat dijangkau, meskipun kuota yang diberikan terbatas,” ujarnya.

Dikatakan, ada tiga jenis pupuk dibeli sekaligus yakni urea Rp 160.000/kuintal, SPK Rp 135.000/kuintal serta pupuk jenis NPK Rp 140.000/kuintal. Untuk setiap petani, diberikan hanya ukuran sawah yang digarap dua hektare. Padahal, umumnya petani menggarap lebih dari tiga hektare.

“Dari tahun ke tahun, kami kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi. Karena jumlah yang diberikan, tak sesuai lahan garapan petani di kampung,” tuturnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Tarsisius Awi yang dimintai komentarnya mengatakan, pemerintah harus menyikapi dengan serius kebutuhan pupuk yang dinginkan petani di kampung-kampung.

“Saya selalu mendapatkan keluhan petani, terkait kelangkaan pupuk. Tentunya ini perlu keseriusan pemerintah menanggulangi dengan menambah kuota. Maksudnya agar petani tak kesulitan mendapatkan,” pintanya. (*)

Sebelumnya

Serapan APBD Merauke masih 17 persen

Selanjutnya

24 mobil Anggota DPRD segera ditarik

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe