Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nabire Membangun
  3. Pemkab Nabire terus eliminasi Frambusia
  • Kamis, 27 Juli 2017 — 12:53
  • 878x views

Pemkab Nabire terus eliminasi Frambusia

Hal tersebut dikatakan Kepala Puskesmas SP 1, Sandy Saksono kepada wartawan seusai melakukan pengobatan massal kepada masyarakat Fawi di Kampung Waroki, Kamis (27/7/2017).
Petugas Puskesmas SP 1 Nabire, saat mengunjungi masyarakat Fawi di Kampung Waroki, Nabire, Kamis (27/7/2017) – Jubi/ist
Titus Ruban
titus@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Nabire, Jubi – Pemerintah Kabupaten Nabire terus berusaha mengeliminasi dua penyakit menular Frambusia dan kaki gajah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di kabupaten tersebut.

Salah satunya dengan memberikan pengobatan massal kepada warga kampung yang warganya diketahui menderita penyakit tersebut.

Hal tersebut dikatakan Kepala Puskesmas SP 1, Sandy Saksono kepada wartawan seusai melakukan pengobatan massal kepada masyarakat Fawi di Kampung Waroki, Kamis (27/7/2017).

“Kami lakukan baru satu kali. Cuma datanya dari puskesmas sudah ada sejak lama,” kata Sandy.

Menurut Sandy, penyebab Frambusia adalah faktor lingkungan dan sumber air yang tercemar. “Masyarakat menggunakan air dan MCK yang tercemar dengan limbah. Untuk masak, mandi dan minum menggunakan air permukaan yang kurang sehat. Sehingga menyebabkan penyakit kulit terutama frambusia,” jelasnya.

Untuk mencegah penyakit ini terus menular pascapengobatan, kata Sandy, warga Fawi membutuhkan jamban atau MCK.

“Dengan begitu air dari MCK tidak mencemari air untuk makan minum, sehingga penularan berkurang” jelasnya.

Di tempat yang sama Marina, dokter dari Puskesmas SP 1 menjelaskan untuk pengobatan dan penanganan Frambusia pihaknya dilatih pemerintah pusat.

“Pengobatan kami awali dengan pemeriksaan darah terlebih dahulu. Ternyata ada yang positif Frambusia. Prosedur dari pusat, jika ada yang positif satu orang, maka semua harus minum obat,” kata dr. Marina.

Dari pemeriksaan darah awal di kompleks Fawi, ada enam warga yang positif terinfeksi Frambusia.

“Faktor tidak higienis. Ada luka tidak dibersihkan. Jika mencegah, tinggal mandi dengan bersih dengan sabun,” jelasnya.

Untuk itu, Puskesmas SP 1 berkoordinasi dengan Denzipur 12/OHH Nabire untuk memenuhi kebutuhan MCK warga kampung tersebut.

Komandan Denzipur 12/OHH Nabire, Mayor CZI Fransiscus Xaverius Douw menjelaskan kegiatan tersebut diawali dengan diskusi dengan kepala Puskesmas SP 1.

“Kami menyanggupi akan membangun sumur dan MCK. Tetapi saat berkoordiansi dengan bapak gembala, ternyata ini lokasi sementara, dan mereka akan pindah lebih dalam lagi. Akhirnya kami putuskan nanti ketika mereka sudah pindah, kami akan bangunkan MCK dan sumur. Intinya hidup ini kan kita harus berbuat baik dengan orang lain,” jelasnya.

Dari pengamatan di lapangan, Puskesmas SP1 mengalami kendala transportasi saat mengujungi warga di kampung. Seperti saat itu, petugas Puskesmas SP 1 mengunjung warga Fawi di saat hujan deras. Para petugas Puskesmas menggunakan kendaraan roda dua milik pribadi.

“Kami belum punya mobil operasional, sehingga kami menggunakan motor sendiri. Padahal wilayah kerja kami sangat luas. Mulai dari Waroki sampai Kali Merah serta SP1 dan SP2. Juga Bendungan. Tapi pelayanan tetap kami jalankan,” tutur Kepala Puskesmas SP1, Sandy Saksono lagi.

Kendala lain yang dihadapi petugas Puskesmas adalah tingkat pendidikan Masyarakat Fawi yang rendah.

“Masyarakat banyak tidak tahu bahasa Indonesia. Pendidikan rendah. Tidak memiliki Kartu Keluarga dan KTP . Apalagi akta kelahiran anak. Sehingga teman teman instansi terkait memperhatikan mereka. Karena jumlah mereka sudah lebih dari 100 orang,” jelas Sandy. (*)
 

loading...

Sebelumnya

Yufinia Mote: anak titipan Tuhan, harus dididik dan dilindungi

Selanjutnya

Sekda Papua minta orangtua peduli pada anak

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe