Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Pasien Tubercolosis (TB) Jayawijaya meningkat
  • Jumat, 28 Juli 2017 — 08:55
  • 919x views

Pasien Tubercolosis (TB) Jayawijaya meningkat

Dr. Siwi mengatakan pihaknya akan menerapkan strategi dots pada 15 pusat layanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik Kalvari, dan 13 Puskesmas, untuk menangani TB di daerah tersebut.
Lokakarya konsultasi publik aksi daerah penanggulangan TB Kabupaten Jayawijaya di gedung Sekolah Minggu GKI Betlehem Wamena, Kamis (27/7/2017)-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Yuliana Lantipo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Wamena, Jubi – Pasien dengan Tuberkolosis (TB) di Jayawijaya cenderung mengalami peningkatan sejak tahun 2016 hingga triwulan kedua tahun 2017.

Peningkatan itu ditunjukkan melalui data Dinas Kesehatan Jayawijaya. Pada tahun 2016, terdapat 528 kasus TB. Sementara itu, angka pengidap TB dalam tahun ini, hingga Juni 2017, sekitar 250 kasus.  

“Pasien TB ini trennya naik dari tahun ke tahun,” kata dr. Siwi Murniati, selaku penanggungjawab program TB Dinas Kesehatan Jayawijaya kepada wartawan, Kamis (27/7/2017).

Dr. Siwi mengatakan pihaknya akan menerapkan strategi dots pada 15 pusat layanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik Kalvari, dan 13 Puskesmas, untuk menangani TB di daerah tersebut.

“Dengan strategi itu (strategi dots) dan semua petugas sudah dilatih walaupun belum lengkap seluruhnya,” katanya.

Ia menuturkan, kebanyakan penderita TB ditemukan di Rumah Sakit Wamena dari berbagai wilayah.

Terkait program pengendalian TB di Jayawijaya, dokter Siwi mengaku masih membutuhkan banyak upaya untuk menemukan suspek dan penderita TB. Ia berujar, banyak tantangan yang dihadapi dalam memberikan pelayanan di kabupaten Jayawijaya.

Sementara itu, Asisten I Sekda Jayawijaya, Tinggal Wusono, usai membuka lokakarya konsultasi publik aksi daerah penanggulangan TB Kabupaten Jayawijaya, mengatakan, pihaknya akan meminta peran aktif seluruh stakeholders dalam upaya penanggulangan TB.

“Lokakarnya ini adalah untuk memantapkan rencana aksi daerah terkait dengan penanggulangan TB di Kabupaten Jayawijaya. Sehingga, kami akan meminta kepada seluruh stakeholders untuk mengambil peran di dalam rencana aksi daerah,” kata Tinggal. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Forum anak daerah Jayawijaya akan segera dibentuk

Selanjutnya

Mahasiswa Intan Jaya berharap pencairan dana bantuan studi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe