Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Saireri
  3. Napi Lapas kelas IIB Nabire mampu nafkahi keluarga
  • Jumat, 28 Juli 2017 — 18:53
  • 2721x views

Napi Lapas kelas IIB Nabire mampu nafkahi keluarga

“Kami dari dalam bisa kasih uang untuk keluarga. Ini karena banyak kegiatan di dalam lapas yang menghasilkan uang,” tutur Adrian, seorang warga binaan saat ditemui Jubi, Senin (24/7/2017).
Warga binaan Lapas Nabire saat di ruang besuk - Jubi
Titus Ruban
titus@tabloidjubi.com
Editor : Angela Flassy

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Nabire, Jubi – Sekalipun sedang menjalani masa tahanan, warga binaan Lapas Kelas IIB Nabire mampu menafkahi anak dan istrinya dari balik terali besi.

“Kami dari dalam bisa kasih uang untuk keluarga. Ini karena banyak kegiatan di dalam lapas yang menghasilkan uang,” tutur Adrian, seorang warga binaan saat ditemui Jubi, Senin (24/7/2017).

Adrian bertutur warga binaan di Lapas tersebut seperti dirinya, beri kesempatan oleh petugas untuk memanfaatkan pekarangan dengan menanam sayuran, membuat kerajinan, dan bekerja di bengkel. Hasilnya dijual dan ternyata bisa menghidupi keluarganya.

“Hasil yang ada buat tabungan, untuk kebutuhan pribadi dalam Lapas dan kami sisihkan buat anak istri di rumah. Kalau istri datang kami kasih,” tuturnya.

Lina, seorang tahanan wanita menambahkan warga binaan wanita juga mendapatkan kesempatan yang sama seperti warga binaan pria.

“Kami buat nasi kuning, makanan ringan seperti gorengan. Nanti kami jualan sama teman –teman saat jam istirahat. Tapi juga petugas dan masyarakat luar beli. Kadang ada pesanan kami buatkan nanti mereka datang ambil dan kasih uangnya,” tuturnya.

Yunita, seorang istri warga binaan mengaku selama suaminya berada di Lapas dirinya dan keluarga bisa dinafkahi.

“Saya dan anak – anak kalau butuh uang pasti bapaknya kasih. Saya tahu dia ada kegiatan seperti taman sayur atau kerja dan uangnya dikasih buat kami di rumah,” katanya.

Kepala Lapas Nabire, Yosep B. Yembisa menjelaskan program tersebut merupakan salah satu program Gerakan Pemberdayaan Narapidana (Gerdana) yang dibuat untuk menghilangkan kesan penjara sebagai tempat yang seram.

“Kami ingin bina mereka agar kelak setelah keluar mereka bisa mandiri. Sehingga warga binaan harus diberdayakan,” jelasnya.

Kegiatan dalam Lapas Kelas IIB Nabire yang menghasilkan uang di antaranya pemanfaatan lahan pekarangan untuk menaman berbagai sayuran, aneka kerajinan seperti membuat bingkai foto dan lemari dari koran bekas, bengkel industri yakni, meja kursi, lemari, bengkel motor serta produksi batako pres, bunga, alat bakar ikan serta berbagai keterampilan lainnya. (*)

Sebelumnya

Penjual jeruk di pelabuhan Nabire raih Rp300 ribu sehari

Selanjutnya

BPOM Papua awasi barang penjualan online

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe