Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nabire Membangun
  3. Bupati Nabire Serahkan Sertifikat Tanah Masyarakat Adat
  • Minggu, 30 Juli 2017 — 15:25
  • 873x views

Bupati Nabire Serahkan Sertifikat Tanah Masyarakat Adat

Bupati Nabire, Isaias Douw, menyerahkan 125 sertifikat tanah kepada masyarakat adat suku Dani, Damal, Daugwa, dan Nayak (D3N) di Kali Merah Wadio Distrik Nabire Barat, Jumat (28/7/17).
Penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat adat Suku Dani, Damal, Daugwa, dan Nayak (D3N) di Kali Merah Wdio Distrik Nabire Barat, Nabire (28/7/2017). (Jubi/Andreas Rumyaan)
Andreas Weleurat
andreasweleurat@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Nabire – Jubi,  Bupati Nabire, Isaias Douw, menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat adat suku Dani, Damal, Daugwa, dan  Nayak (D3N)  di Kali Merah Wadio Distrik Nabire Barat,  Jumat (28/7/17) pekan lalu.

Penyerahan sertifikat tanah bagi masyarakat adat Suku D3N yang dihadiri masyarakat adat suku D3N yang berdomisili di Kali Merah Wadio Distrik Nabire Barat, dilaksanakan di rumah adat suku D3N agar masyarakat adat yang memiliki hak atas tanah adat mengetahui pasti batas-batas tanah sesuai nama-nama yang tercantum dalam sertifikat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Nabire,  Yermias Bindosano,  mengatakan penyerahan sertifikat tanah ini merupakan salah satu wujud tertib hukum agraria. Dengan adanya sertifikat tanah tersebut tidak ada lagi penyerobotan tanah.

“Memproses sertifikat tersebut harus memiliki data yang kolektif, rapi dan tertib. Bila seluruh masyarakat adat sudah memiliki sertifikat tanah, kita tidak akan dengar lagi ada penyerobotan tanah,” kata Bindosano.

Sementara itu, Kepala Bidang Transmigrasi Disnaertran Kabupaten Nabire,  Andreas Adii, mengatakan penyerahan sertifikat ini merupakan program tahun 1996-1997 dan baru diserahkan tahun ini.

“Proses pembuatan sertifikat membutuhkan waktu lama. Kami juga beberapa kali merenovasi gedung kantor. Kami menemukan sekitar 125 sertifikat masih menumpuk di kantor dan  baru sekarang bias disampaikan ke masyarakat. Sertifikat ini penting bagi masyarakat karena menjadi bukti bahwa mereka memiliki sebidang tanah, sehingga dapat membangun rumah atau membuat usaha di lokasi tersebut,” katanya. (*)

 

 

 

loading...

Sebelumnya

Nabire Butuh Angkutan Khusus Pelajar

Selanjutnya

Satlantas Polres Nabire Butuh Tambahan Personel

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe