Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Pemkot Jayapura terus sosialisasi UU Perlindungan Anak
  • Minggu, 30 Juli 2017 — 20:02
  • 1383x views

Pemkot Jayapura terus sosialisasi UU Perlindungan Anak

“Jika terus dibiarkan maka tentu akan mempengaruhi psikis anak, bahkan saat dewasa anak akan menjadi pelaku kekerasan juga. Pengasuhan yang berkualitas dapat membangun karakter anak serta memperkuat nilai-nilai kebangsaan sejak usia dini,” katanya.
Suasana sosialisasi UU Perlindungan Anak di aula wali Kota Jayapura, Jumat (28/7/2017) - Jubi/Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Timoteus Marten

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura terus menyosialisasikan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak di lima distrik yang ada.

Wakil Wali Kota Jayapura, H. Rustam Saru saat memberi sambutan dalam sosialisasi UU Perlindungan Anak yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Jayapura dalam rangka Hari Anak Nasional ke-72, di aula kantor wali kota, Jumat (28/7/2017) mengatakan, hal ini dilakukan karena anak merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan negara.

Menurutnya Pemkot banyak mengeluarkan kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak dan perlindungan anak, tetapi belum terlaksana secara optimal, karena masih banyak kekerasan terhadap anak oleh teman sebaya dan orang dewasa, baik di sekolah, maupun di tempat-tempat umum.

“Jika terus dibiarkan maka tentu akan mempengaruhi psikis anak, bahkan saat dewasa anak akan menjadi pelaku kekerasan juga. Pengasuhan yang berkualitas dapat membangun karakter anak serta memperkuat nilai-nilai kebangsaan sejak usia dini,” katanya.

Diakuinya kualitas keluarga di kota Jayapura belum memadai untuk memenuhi hak dan memberikan perlindungan kepada anak dengan baik.

Melalui sosialisasi, diharapkan peserta memahami dan mengubah pola pembinaan kepada anak, karena konsekuensinya bahwa pelaku kekerasan terhadap anak akan berhadapan dengan hukum.

Peserta lima distrik ini juga diingatkan agar menjaga lingkungannya dari kekerasan terhadap anak sehingga Kota Layak Anak kelak terwujud.

“Mendidik jangan sampai memaki, jangan sampai menghina,” katanya.

Kepala DPPPA Kota Jayapura, Betty Pui mengatakan, sosialisasi digelar untuk memberikan pemahaman tentang produk hukum perlindungan anak dibarengi penyerahan 800 buku UU Perlindungan Anak kepada peserta.

“Penyerahan akta kelahiran gratis 64 anak dari Kampung Enggros, Distrik Abepura, yang merupakan kerja sama Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Jayapura, aktivis BBM dengan Dispendukcapil Kota Jayapura,” kata Betty.

Saat yang sama DPPPA juga me-launching telepon Sahabat Anak Desa Kota Jayapura bekerja sama dengan DPPA dan KB Kota Jayapura, Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Jayapura dan PT. Telkom Jayapura.

Peserta diharapkan memahami produk hukum perlindungan dan pencegahan kekerasan terhadap anak-anak, sehingga mereka hidup, tumbuh dan berkembang secara optimal.

Dikatakan, peserta yang direncanakan sebelumnya 1.000 orang, yaitu, 200 dari Distrik Jayapura Utara, 200 orang Distrik Jayapura Selatan,  200 Distrik Abepura dan 200 dari Distrik Muara Tami.

Narasumber pun menguraikan tentang UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, di antaranya, Nur Aida Duwila dari LBH Apil, yang menguraikan lebih banyak soal UU No.11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 65 tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Diversi dan Penanganan Anak usia 12 tahun. (*)

loading...

Sebelumnya

LSP, bangun Papua melalui pendidikan

Selanjutnya

Lima kandidat ketua Stiper Santo Aquinas Jayapura adu visi misi 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe