Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Ada pungli untuk beli genset di SMAN IV Kota Jayapura?
  • Senin, 31 Juli 2017 — 14:16
  • 696x views

Ada pungli untuk beli genset di SMAN IV Kota Jayapura?

"Kami sudah melakukan pertemuan antara para orang tua wali murid untuk mengumpulkan dana yang diperuntukkan pembelian genset untuk sekolah. Jadi dananya juga dikelolanya oleh para orang tua. Jadi tidak ada paksaan, semua ini dari orang tua untuk anak kami," katanya.
Suasana belajar mengajar di SMAN 4 Jayapura - Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa mengatakan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Jayapura tidak melakukan pungutan liar (pungli) kepada para siswanya. Hal ini dikatakan Wayan menjawab keluhan dari para orang tua wali murid.

Kepada Jubi, Senin (31/7/2017) melalui sambungan telepon selularnya mengatakan ada laporan dari orang tua wali murid mengatakan bahwa SMAN 4 Jayapura telah melakukan pungli dengan mengharuskan setiap siswa mengumpulkan uang sebesar Rp 1,9 juta untuk pembelian genset.

"Itu tidak benar. Penarikan uang dari dari orang tua wali murid atas kesepakatan bersama antara pihak sekolah dengan pihak komite sekolah. Komite sekolah ini terdiri dari para orang tua wali murid dan merupakan kepanjangan tangan dari sekolah," katanya.

Selain itu menurut Wayan, SMAN 4 Jayapura telah berupaya memberikan pelayanan mutu pendidikan yang baik kepada para siswa-siswi yang menempuh pendidikan di sekolah tersebut.

"Saya berharap seluruh orang tua wali murid yang menitipkan anaknya untuk menempuh pendidikan di sekolah tersebut dapat mendukung sepenuhnya," harapnya.

Orang tua wali murid yang tidak ingin menyebutkan namanya mengatakan pihaknya mendapatkan beban biaya sebesar Rp 1,9 juta untuk pengadaan ganset sekolah. Namun biaya tersebut sudah ada dalam persetujuan antara para orang tua wali murid.

"Kami sudah melakukan pertemuan antara para orang tua wali murid untuk mengumpulkan dana yang diperuntukkan pembelian genset untuk sekolah. Jadi dananya juga dikelolanya oleh para orang tua. Jadi tidak ada paksaan, semua ini dari orang tua untuk anak kami," katanya.

Selain itu menurutnya dana sebesar Rp 1,9 juta tersebut di cicil oleh orang tua selama tiga bulan, dan dikelolanya oleh orang tua.

"Kalau sudah terkumpul semuanya baru diserahkan ke pihak sekolah. Sebenarnya harga genset tersebut memang mahal, namun kami sepakat setiap orang tua dibebankan sebesar Rp 1,9 juta, nanti sisanya pihak sekolah yang tanggung," ujarnya.

Kepala SMAN 4 Jayapura, Laba Sembiring ketika di konfirmasi terkait hal tersebut di ruang kerjanya mengatakan, terkait pungutan uang genset tersebut bukan keputusan pihak sekolah namun atas kesepakatan para orang tua wali murid yang anaknya telah diterima di sekolah yang dipimpinnya.

"Jadi saya mau klarifikasi terkait penguatan tersebut. Pungutan tersebut bukan dari inisiatif sekolah untuk melakukan pungutan namun para orang tua yang mempunyai inisiatif untuk melakukan pengumpulan dana guna pembelian genset," katanya.

Dikatakan, para orang tua tersebut telah memilih 17 para orang tua yang menjadi perwakilan dan dari 17 orang tua siswa tersebut akan mengumpulkan sejumlah dana yang nantinya akan diserahkan ke pihak sekolah guna pembelian genset yang dimaksud.

"Saya punya bukti tanda-tandanya para orang tua wali murid yang telah menyetujui pembelian genset tersebut. Jadi ini bukan keinginan pihak sekolah tetapi keinginan para orang tua wali murid yang ingin memberikan sumbangan kepada pihak sekolah. Sumbangan tersebut adalah pengadaan genset," ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

IKBPM-WTM gelar penerimaan mahasiswa baru dan seminar

Selanjutnya

53 penyuluh dan petugas lapangan KB diserahterimakan ke pusat

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe