Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Pengusaha Papua diminta kuasai teknologi informasi
  • Senin, 31 Juli 2017 — 17:26
  • 383x views

Pengusaha Papua diminta kuasai teknologi informasi

Pemerintah Provinsi Papua minta para pengusaha lokal di wilayahnya untuk menguasai teknologi informasi sehingga mampu memahami petunjuk teknis pengadaan barang dan jasa secara elektronik.
Caption : Para pengusaha Papua saat mengikuti sosialisasi konsolidasi pemaketan pekerjaan di lingkup pemerintahan Papua - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi Papua minta para pengusaha lokal di wilayahnya untuk menguasai teknologi informasi sehingga mampu memahami petunjuk teknis pengadaan barang dan jasa secara elektronik.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty, mengatakan mengembangkan diri perlu dilakukan sebab pemerintah belum bisa mengakomodir semua pengusaha yang bergerak di bidang pengadaan barang dan jasa. Apalagi paket pekerjaan yang nilainya diatas Rp 500 juta, dikelola secara full e-Proc  (full elektronik).

"Dengan demikian kami harapkan pengusaha lokal dapat mengembangkan diri terutama dalam penguasaan teknologi informasi," kata Elia, pada sosialisasi konsolidasi pemaketan pekerjaan di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua, di Jayapura, Senin (31/7/2017).

Pada kesempatan itu juga, dirinya menyampaikan, proses pengadaan barang dan jasa sering mengalami keterlambatan pada tahapan administrasi, sehingga menjadi salah satu perhatian pemerintah provinsi.

Dimana lanjutnya, bila proses administrasi memakan waktu penyelesaian pekerjaan yang sangat lama, hal itu turut berdampak pada penyelesaian pekerjaa yang berkorelasi dengan kualitas pekerjaan.

"Makanya konsep konsolidasi pemaketan merupakan satu alternatif pengelolaan administrasi yang kami gelar. Yang tentunya akan terus dikoordinasikan dengan penanggung jawab pengelola pengadaan barang/jasa. Yakni Lembaga Kebijakan Pengadaan Badang dan Jasa (LKPP) RI," ucapnya.

Elia tekankan saat ini Pemerintah Provinsi Papua telah mulai mengedepankan transparansi untuk mewujudkan pembangunan yang handal serta bebas dari KKN, dengan telah melakukan banyak terobosan, diantaranya menghasilkan pembangunan di wilayah pegunungan dengan medan sulit.

Memperhatikan kesulitan itu, maka langkah konsolidasi terhadap seluruh pekerjaan proyek strategis wajib untuk dilaksanakan sejak saat ini. Apalagi Provinsi Papua akan menyelesaikan pembangunan venue PON XX 2020, dimana bakal ada begitu banyak paket pekerjaan yang harus dilelang.

"Makanya perlu juga ada dukungan dari pemerintah pusat dan daerah untuk terlaksananya seluruh proyek dengan baik dan maksimal. Sehingga dengan terlaksananya sosialisasi di hari ini, harapannya LKPP RI mampu menjadi sektor pemimpin pengadaan barang dan jasa," katanya.

"Dilain pihak, menaruh perhatian seccara terus menerus dan memberikan pendampingan maupun saran terhadap proses pengadaan barang dan jasa. Sehingga setiap pekerjaan yang dilaksanakan benar-benar berkualitas maupun tepat waktu," tambahnya.

Kepala Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda Papua, Sonny Rumfaker, mengatakan apa yang dilakukan pihaknya sudah sesuai aturan yang berlaku. Dimana untuk menghemat waktu, pekerjaan yang seperti peningkatan jalan maka akan dijadikan satu proses lelang, paketnya juga satu.

“Mari teman-teman pengusaha ikuti dulu bagaimana konsolidasi, apakah menguntungkan atau tidak," kata Sonny.

Ia tekankan cara ini pasti akan menguntungkan para pengusaha, apalagi prosesnnya sama hanya modelnya saja yang baru.

"Kalau mereka terima kami lihat dia sudah bisa atau tidak, kalau tidak ya tergantung kebijakan Pak Gubernur, kalau tidak usah ya tidak usah. Namun kalau mereka siap kami lakukan, cuma model apapun proses lelang tidak akan berubah," ucapnya. (*)

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pemprov Papua ingin SDM pengelola aset handal

Selanjutnya

Sonny Rumfaker: paket konsolidasi untuk penghematan waktu

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe