Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Mama Totou, Jual jagung dan kacang untuk biaya sekolah anak
  • Selasa, 01 Agustus 2017 — 17:44
  • 625x views

Mama Totou, Jual jagung dan kacang untuk biaya sekolah anak

Bekerja mencari nafkah tidak hanya menjadi tanggung-jawab laki-laki. Bagi Mama Totou (46), ibu empat anak ini turut berjuang untuk menghidupi keluarga sudah menjadi kesehariannya.
Mama Totou bersama anaknya saat berjualan - Jubi/yance wenda
Yance Wenda
yan_yance@ymail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sentani,  Jubi  - Bekerja mencari nafkah tidak hanya menjadi tanggung-jawab laki-laki. Bagi Mama Totou (46), ibu empat anak ini turut berjuang untuk menghidupi keluarga sudah menjadi kesehariannya.

"Saya berjualan disini sudah empat tahun. Saya ada jual jagung bakar dan kacang. Uang yang saya dapat untuk makan dan sekolah anak-anak,” kata Mama Totou, saat ditemui Jubi, Selasa (1/8/2017).

Mama Totou biasa berjualan di seputaran Kota Sentani. Dia mulai berjualan dari pukul 12 siang hingga pukul tujuh malam. 

"Saya biasa beli jagung itu ada dua karung dan ada yang satu karung dengan harga per buah Rp 5 ribu. Kacang ini mahal jadi saya biasa ambil sedikit saja. Satu ikat Rp 10 ribu," kata Totou.

Mama Totou mengatakan hasil jualan kacang bakar dan jagung bakar memang tidak begitu besar namun perempuan asal Mamberamo Raya ini tetap tekun berjualan karena tidak ada lahan yang dapat digunakan untuk berkebun sebagai sumber penghidupan.

"Pendapatan dalam satu hari itu tergantung pembeli karena kami ada banyak yang berjualan. Satu hari saya dapat Rp 200 ribu sampai Rp 300 ribu. Kalau habis semua dagangan bisa dapat Rp 500 ribu. Kalo ada sisa saya bawa pulang untuk dijual hari besoknya," kata Mama Totou. 

Ia juga menjelaskan walau pendapatan sedikit namun ia gunakan sebaik mungkin untuk kebutuhan anak-anaknya. 

"Mama punya anak ada empat jadi. Lain mama kasih untuk jajan, anak ada yang SMP,  SMA, dan yang satu sudah selesai kuliah di Uncen tahun kemarin. Mama punya anak itu perempuan dua dan laki-laki dua," ucapnya. 

Herra, seorang pelanggan jagung bakar Mamam Totou, mengatakan salut kepada perempuan Papua yang berjuang demi kebutuhan keluarganya yang menjadi mama sekaligus bapa bagi anak-anaknya.

"Saya salut saja buat mama karena dia tidak mengenal capek. Panas hujan tetap jualan untuk kebutuhan anak-anak  dan keluarganya. Memang mama dong itu pahlawan sudah," tutur Herra. (*)

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Dexlite akan dijual di lima SPBU di Kota Jayapura

Selanjutnya

BPS Papua lakukan Sensus Ekonomi Lanjutan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe