Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Yunus Wonda : paslon yang bisa membuat Puja kondusif
  • Selasa, 01 Agustus 2017 — 21:00
  • 896x views

Yunus Wonda : paslon yang bisa membuat Puja kondusif

"Siapa pun yang berupaya mendamaikan, kalau tidak ada kesadaran kandidat, susah," kata Wonda via teleponnya kepada wartawan, Selasa (1/8/2017).
Ilustrasi Kota Mulia, ibu kota Kabupaten Puncak Jaya - Dok. Jubi 
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, konflik pilkada Puncak Jaya (Puja) sulit diredam selama tiga pasangan calon (paslon) kepala daerah setempat tidak punya keinginan menenangkan pendukungnya.

Ia mengatakan, ini kembali kepada kesadaran para kandidat untuk menenangkan pendukungnya. Mereka harus bersatu menciptakan suasana aman dan damai, juga tidak bertindak sendiri-sendiri sebab masyarakat yang menjadi korban nantinya.

"Siapa pun yang berupaya mendamaikan, kalau tidak ada kesadaran kandidat, susah," kata Wonda via teleponnya kepada wartawan, Selasa (1/8/2017).

Ia menyayangkan kembali terjadi pertikaian pendukung pasangan calon di wilayah itu, padahal ketika pertikaian antarpendukung paslon sebelumnya, di hadapan Yunus Wonda, Kapolda Papua, Irjen Boy Rafli, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, massa ketiga paslon menyatakan sepakat berdamai.  

"Kami sayangkan kejadian di Puncak Jaya. Ketika kami turun ke sana beberapa waktu lalu, kami mengingatkan masyarakat menahan diri dan tidak terprovokasi isu apa pun. Tapi ini terjadi lagi," ujarnya.

Ia meminta semua pihak di Puncak Jaya, terutama para tokoh politik dan masyarakat menahan diri. Apalagi kini hasil pilkada Puncak Jaya masih berposes di Mahkamah Konstitusi (MK). 

"Jangan terlalu fanatisme sehingga nyawapun dikorbankan. Makanya kami bilang, pilkada di Papua terlalu mahal. Nyawa rakyat melayang sia-sia. Demokrasi menyakitkan dan meninggalkan jejak berkepanjangan. Ini menjadi catatan dan bagaimana pemerintah pusat mencari solusi terbaik pilkada di Papua," katanya.

Rencananya, lanjut dia, Kapolda Papua akan memanggil tiga paslon membicarakan solusi terbaik di Puncak Jaya. 

"Kami akan mendampingi dan bicara sama-sama. Kami harap ketiga paslon hadir nantinya. Jangan lagi ada kata-kata mengasut. Siapa pun menang harus didukung," ucapnya. (*) 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Survei Golkar tempatkan Lukas Enembe dan Klemen Tinal pada urutan teratas

Selanjutnya

Aparat gabungan di Papua diduga tembak 17 OAP, satu tewas

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe