Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Meepago
  3. BPN Mimika targetkan sertifikasi 10 ribu tanah
  • Kamis, 03 Agustus 2017 — 14:24
  • 1641x views

BPN Mimika targetkan sertifikasi 10 ribu tanah

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, menargetkan sertifikasi 10 ribu bidang tanah milik masyarakat di wilayah itu hingga akhir Desember 2017.
Liustrasi, penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat - Jubi
ANTARA
Editor : Dewi Wulandari
LipSus
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 21:50 WP
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 16:20 WP
Features |
Kamis, 21 Juni 2018 | 17:48 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Timika, Jubi/Antara - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, menargetkan sertifikasi 10 ribu bidang tanah milik masyarakat di wilayah itu hingga akhir Desember 2017.

Kepala BPN Mimika, John W Aufa, di Timika, Kamis (3/8/17), mengatakan program sertifikasi massal tanah milik masyarakat tersebut guna menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

BPN menargetkan selama 2017 terdapat lima juta bidang tanah milik masyarakat di seluruh Indonesia yang disertifikatkan.

"Tahap pertama kami telah sertifikatkan 1.000 bidang tanah di Kota Timika. Untuk tahap kedua, kami diberikan target untuk sertifikatkan 10 ribu bidang tanah. Itu harus rampung sampai akhir Desember," kata John.

Sehubungan dengan itu, BPN Mimika mengimbau masyarakat setempat untuk segera mendaftarkan kepemilikan tanah mereka untuk segera diproses sertifikatnya.

Imbauan agar masyarakat memanfaatkan program pembuatan sertifikat tanah juga disampaikan melalui tempat-tempat ibadah seperti mimbar gereja dan masjid.

"Kami menugaskan staf untuk melakukan pendataan dari rumah ke rumah. Prinsipnya, kami menjemput bola. Meskipun kondisi cuaca di Kota Timika sekarang selalu hujan, tetap staf kami terus bekerja di lapangan," kata John.

Menurut dia, program sertifikat tanah masyarakat tersebut tidak dikenakan biaya sebab semua biaya sudah dianggarkan dari pusat melalui APBN.

BPN Pusat menganggarkan dana untuk semua proses sejak tahap persiapan, pengukuran, penyuluhan hingga penerbitan sertifikat hanya sebesar Rp 524 ribu per bidang tanah.

Sesuai Surat Keputusan Bersama/SKB tiga menteri pada Juli 2017, biaya proses sertifikat tanah masyarakat hanya ditetapkan sebesar Rp 450 ribu per bidang.

"Kalau di lapangan ternyata biayanya membengkak seperti biaya mengurus alas hak (surat pelepasan) dan lain-lain itu bukan urusan BPN. Kami hanya mengurus sertifikatnya saja. Soal alas hak, pasang patok, beli materai Rp 6.000, bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), itu ditanggung sepenuhnya oleh pemohon sertifikat," kata John.

Antusiasme warga Kota Timika terutama warga non Papua untuk mengurus sertifikat kepemilikan tanah mereka sangat tinggi. Setiap hari Kantor BPN Mimika yang beralamat di Jalan Cenderawasih terus didatangi warga yang ingin mengurus sertifikat tanahnya.

"Kami hanya menyayangkan masih kurangnya kesadaran masyarakat asli Papua dalam mengurus sertifikat tanah mereka. Ada banyak tanah masyarakat asli Papua yang belum disertifikatkan. Ini perlu adanya sosialisasi dan penyuluhan khusus di kalangan masyarakat asli Papua tentang pentingnya manfaat sertifikat tanah," kata John.

Sebanyak 1.000 bidang tanah yang telah disertifikatkan pada periode pertama 2017 yaitu tanah milik masyarakat yang berlokasi di Kelurahan Koperapoka, Kebon Sirih, dan sebagian lagi di Kelurahan Inauga Sempan Timika.

Sebanyak 10 ribu bidang tanah yang akan disertifikatkan hingga Desember 2017, lokasinya antara lain berada di Kelurahan Inauga Sempan, Kelurahan Pasar Sentral, Nawaripi, dan Kwamki.

Setiap hari BPN Mimika menerjunkan empat tim ke berbagai lokasi untuk melakukan pengukuran tanah milik masyarakat Timika untuk diproses sertifikatnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

DPMK Paniai gelar siskeudes bagi pendamping desa dan satker P3MD

Selanjutnya

Jalan trans rusak di Ogiyaidimi, mobil tangki BBM tak bisa masuk Obano

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat