Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Eselon III dan IV diwajibkan ikut Diklatpim pola baru
  • Jumat, 04 Agustus 2017 — 16:45
  • 1409x views

Eselon III dan IV diwajibkan ikut Diklatpim pola baru

Kepala Badan Pengelola Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Zakharias Giay, mengatakan selama ini peserta Diklatpim dari Kabupaten masih sangat sedikit. Oleh karena itu, akan ada surat dari gubernur kepada para bupati dan wali kota.
Ilustrasi Peserta Diklat - Dok Jubi
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Pejabat struktural eselon III dan IV diperintahkan pemerintah kabupaten dan kota, wajib mengikuti Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) pola baru. 

Kepala Badan Pengelola Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Zakharias Giay, mengatakan selama ini peserta Diklatpim dari Kabupaten masih sangat sedikit. Oleh karena itu, akan ada surat dari gubernur kepada para bupati dan wali kota.

"Jika para bupati bisa menyelenggarakan sendiri seperti Kabupaten Merauke dan sepanjang memenuhi syarat kita akan melakukan di Kabupaten tersebut. Tapi  jika tak memadai, maka akan dilakukan di provinsi," kata Giay kepada wartawan, di Jayapura, Jumat (4/8/2017).

Menurut ia, keberadaan aparatur sipil negara (ASN) memegang peranan penting bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, karena pegawai yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

"Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas serta memiliki kompetensi dan komitmen yang penuh dengan kesetiaan, ketaatan kepada negara, bermoral serta sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik," ucapnya.

Ia tekankan, dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat struktural eselon III dan IV memiliki peranan yang sangat menentukan, dalam menjabarkan visi misi instansi ke dalam program-program serta memimpin bawahan dan seluruh stakeholder strategis untuk melaksanakan secara efektif.

Menyikapi itu, pihaknya memandang perlu penyelengaraan berbagai program pembinaan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi aparatur, di antaranya melalui program diklat kepemimpinan terhadap pejabat struktural eselon III dan IV.

"Diklatpim adalah pendidikan dan pelatihan yang memberikan wawasan, meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, sikap dan perilaku dalam bidang kepemimpinan aparatur, sehingga mencapai persyaratan kompetensi dalam jenjang jabatan struktural tertentu," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk menyediakan pembiayaan bagi masing-masing staf stuktural maupun fungsional, untuk mengikuti Diklatpim.

"Kehadiran peserta Diklatpim dari sejumlah kabupaten telah menunjukkan perhatian, tapi jumlahnya masih sedikit. Untuk itu, diperlukan pembiayaan bagi masing-masing staf struktural," kata Hery.

Ia tekankan, peningkatan sumber daya manusia sangat penting, hal ini demi melakukan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.

"Diklat ini tidak hanya sekadar untuk memenuhi persyaratan jabatan melainkan harus menghasilkan perubahan sikap dan perilaku etika ASN, serta meningkatkan keterampilan dan keahlian dalam menjalankan tugas organisasi," ucapnya.

Untuk itu, dirinya berharap ke depan para aparatur sipil negara bisa menjadi agen pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Masyarakat diimbau pasang bendera merah putih dan umbul-umbul

Selanjutnya

Masyarakat Papua diingatkan waspada cuaca ekstrem

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe