Konferensi Luar Biasa
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Disperindagkop hibahkan mesin tulis batik 
  • Sabtu, 05 Agustus 2017 — 10:35
  • 1857x views

Disperindagkop hibahkan mesin tulis batik 

Jayapura, Jubi - Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menghibahkan peralatan mesin batik tulis klowong kepada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Jayapura. 
Pelatihan menggunaan batik tulis di SMKN 5 Jayapura, dengan pemateri dari Jakarta - Jubi/Sindung
Sindung Sukoco
sindung@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menghibahkan peralatan mesin batik tulis klowong kepada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Jayapura. 

"Kita sudah buat MOU dengan sekolah, nantinya masyarakat bisa belajar disitu dan mereka akan belajar mendesain. Setelah itu mereka bisa mencantongi dan mewarnai," ujar  Kepala Bidang Industri Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura, Frida Pasolang, kepada Jubi, Jumat (4/7/2017). 

Dengan bantuan tersebut, pihaknya juga melatih kurang lebih 10 guru SMKN 5 Jayapura dibantu oleh tenaga teknis dari Jakarta untuk dapat mengoperasikan mesin tersebut.

"Kenapa harus guru karena mereka ini akan membantu masyarkat atau binaan Disperindagkop yang ingin membuat desain. Jika siswa maka ilmu itu akan dibawa pergi ketika lulus," tegasnya.

Iapun tetap mempersilakan kepada masyarakat yang ingin ikut menggunakan mesin batik tulis tersebut.

Fauzi, pemateri pelatihan mengaku dengan menggunakan alat ini akan mempermudah kerja para pendesain dan mempercepat produksi terutama dalam batik tulis.

"Tidak ada lagi mood yang tak baik. Dengan melalui komputer dan didesain, akan mempermudah kerja tak perlu ulang dari awal," tegasnya. 

Iapun memperkirakan penyelesaian dengan mesin batik tulis ini akan lebih mudah dan lebih dimana itu semua tergantung dengan desain itu sendiri.

"Jika rumit maka akan membutuhkan 6 jam atau satu hari hanya dua kain batik. Jika sederhana maka bisa empat ataupun lima kain dalam satu harinya,” katanya.

Sementara, Suprayitno, Kepala Sekolah SMKN 5 Jayapura, mengatakan sangat berterima-kasih kepada Disperindagkop dan UKM Kota Jayapura yelah ikut berpartisipasi membangun pendidikan khususnya SMKN 5 Jayapura. Pihaknya tak akan menutup diri kepada masyarkat yang ingin menggunakan mesin batik tulis. (*)

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Siapkan 16 ribu liter, Pertamina uji coba Dexlite di Kota Jayapura

Selanjutnya

Disperindagkop hibahkan mesin batik tulis ke SMK 5 Jayapura

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe