Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Guru kontrak tulis buku untuk bangun taman bacaan masyarakat
  • Minggu, 06 Agustus 2017 — 17:27
  • 929x views

Guru kontrak tulis buku untuk bangun taman bacaan masyarakat

Maruntung Sihombing, guru kontrak di Kabupaten Lanny Jaya, menulis buku untuk pembangunan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di tempat tugasnya, di Distrik Awina, Kampung Indawa, Lanny Jaya.  Seluruh hasil penjualan bukunya akan digunakan untuk pembangunan TBM di tempatnya mengajar.
Seorang murid SD memperlihatkan buku yang ditulis Maruntung Sihombing - Jubi/Ist
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Wamena, Jubi - Maruntung Sihombing, guru kontrak di Kabupaten Lanny Jaya, menulis buku untuk pembangunan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di tempat tugasnya, di Distrik Awina, Kampung Indawa, Lanny Jaya.  Seluruh hasil penjualan bukunya akan digunakan untuk pembangunan TBM di tempatnya mengajar.

“Buku ini kebanyakan hasil pengalaman mengajar saya selama berada di Kabupaten Lanny Jaya. Namun ada juga tulisan-tulisan kecil menyangkut pergulatan nurani saya tentang realitas hidup sehari-hari di Papua. Sudah dari tahun 2013 memang saya rencanakan untuk nulis buku ini. Puji Tuhan, baru tahun ini bisa rampung,” kata Maruntung Sihombing, dalam siaran persnya, yang diterima Jubi, Sabtu (5/8/2017).

Mendirikan TBM di tempat tugas sudah menjadi kerinduan Manurung sejak dulu, karena selain meningkatkan Sumber Daya Manusia juga menggalakkan semangat literasi, semangat membaca untuk anak-anak dan masyarakat sekitarnya.

“Saya merasa TBM ini perlu dibangun. Karena hemat saya, TBM ini akan memacu semangat belajar anak-anak dan masyarakat di sekitar saya untuk mau maju. Ibaratnya ini menjadi pendidikan luar sekolah bagi mereka. TBM ini juga tidak hanya diperuntukkan untuk anak-anak, tapi untuk masyarakat sekitar yang memang belum bisa membaca sama sekali,” jelas Maruntung.

Namun yang menjadi kendala saat ini, kata Maruntung, buku yang dia tulis belum diketahui publik secara luas. Dia berharap bukunya bisa memberi inspirasi dan bermanfaat bagi khalayak ramai serta mendapat dukungan dari pemerintah, stakeholders, maupun orang-orang yang mau peduli dengan pendidikan Papua.

“Wajar memang karena bulan Juli lalu baru terbit. Harganya juga tidak terlalu mahal kok, lima puluh ribu rupiah saja tapi belum termasuk ongkos kirimnya dari Jawa ya?” ujar Maruntung tertawa.

Maruntung menyatakan bagi yang ingin membeli bukunya bisa menghubungi langsung ke nomor kontak 082198143645 atau bisa langsung order di website penerbitnya kekatastore.com.

Apa yang dilakukan guru Maruntung ini mendapat apresiasi dari Sekda Lanny Jaya, Christian Sohilait, yang sempat dalam salah satu media sosialnya mengunggah foto dengan buku yang ditulis guru kontrak tersebut.

“Saya pribadi dan pemerintah sangat mendukung langkah yang dibuat guru-guru di Lanny Jaya. Semua itu demi kemajuan pendidikan di kabupaten kami,” kata Sohilait. (*)

 

Sebelumnya

Theo Hesegem: Kapolda tak perlu minta maaf, harusnya negara yang minta maaf

Selanjutnya

Diduga korupsi, Mahasiswa Yahukimo minta Mendagri copot Bupati Abock Busup  

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe