Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Kepala daerah diminta jadi motivator bagi siswa
  • Minggu, 06 Agustus 2017 — 18:56
  • 1270x views

Kepala daerah diminta jadi motivator bagi siswa

Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) Dinas Pendidikan, Laorens Wantik mengatakan selain tunjangan dana, kepala daerah harus bisa membangun semangat para pelajar dalam belajar.
Ilustrasi pelajar di Papua - Dok Jubi
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Dinas Pendidikan Provinsi Papua meminta kepala daerah di wilayahnya untuk menjadi motivator bagi para pelajar berkreativitas, dengan memberikan ruang yang seluas-luasnya.

Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PK-PLK) Dinas Pendidikan, Laorens Wantik mengatakan selain tunjangan dana, kepala daerah harus bisa membangun semangat para pelajar dalam belajar.

"Pemerintah kabupaten/kota harus bisa memberi ruang bagi para pelajar untuk berkreativitas. Hal ini tidak hanya berupa dukungan semata tetapi harus dibarengi dengan dukungan finansial sehingga pengembangan kreativitas bisa berjalan dengan baik," kata Wantik kepada wartawan, di Jayapura belum lama ini.

Pengembangan kreativitas ini, kata ia, pemerintah daerah diharapkan memberikan dukungan bagi siswa dalam mengikuti olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN).  

"Yang pertama jelas bupati harus menjadi motivator bagi anak-anak untuk memberikan semangat bagi mereka, selain itu dukungan bupati dalam dari sisi dana ini juga sangat membantu mereka untuk mengikuti event penting seperti O2SN," ucapnya.

Sedangkan untuk mengukur tingkat pendekatan psikologi (kognitif), ujar ia, diharapkan para pelajar Papua bisa mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) maupun O2SN serta pekan olahraga dan seni.

"Kalau anak-anak Papua kalah di OSN itu biasa, tetapi kalau kalah di O2SN ini luar biasa, karena anak-anak Papua di olahraga punya bakat, ini yang menjadi perhatian, oleh sebab itu kita jangan mau kalah di O2SN," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen mengatakan pendidikan menjadi kunci utama dalam meningkatkan mutu dan kesejahteraan masyarakat yang ada di wilayah paling Timur di Indonesia ini.

"Papua hanya dapat dibangun oleh manusia yang berkualitas, senang bekerja keras, disiplin dan tentu memiliki etos kerja yang baik serta berwawasan kebangsaan yang tinggi," Kata Hery. 

Dia menilai, keunggulan dan penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan global serta keunggulan kompetensi seseorang melalui proses pembelajaran pada lembaga pendidikan akan mampu menjawab tuntutan masa depan membangun provinsi Papua, pada khususnya dan Indonesia pada umumnya yang semakin maju.

Untuk itu, ujar ia, berbagai program perdidikan yang ada saat ini berdampak positif guna menopang program pembangunan Indonesia ke depan. Apalagi generasi Papua adalah bagian masa bangsa.

"Jika ingin berhasil maju dan menjadi sebuah negara terkemuka seperti Jepang, Tiongkok, Inggris, Prancis dan Amerika, maka harus memiliki karakter positif. Sebab karakter bangsa yang maju umumnya tercermin dari pola sikap rakyatnya yang memahami, kesejahteraan dan tujuan bangsa hanya dapat dicapai melalui kreativitas dan kerja keras," ucapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Klemen Tinal: Papua terus kerja keras sukseskan PON XX

Selanjutnya

Sekda Papua minta SKPD sediakan area merokok

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe