Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Sumatera
  3. Mahasiswa Aceh ciptakan Nanoselulosa dari ampas tebu
  • Senin, 07 Agustus 2017 — 19:02
  • 1915x views

Mahasiswa Aceh ciptakan Nanoselulosa dari ampas tebu

Banda Aceh, Jubi - Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh melakukan inovasi menciptakan nanoselulosa dari bahan ampas tebu.
Ilustrasi. Jubi/Elshinta.com
ANTARA
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Banda Aceh, Jubi - Mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh melakukan inovasi menciptakan nanoselulosa dari bahan ampas tebu.

"Ampas tebu merupakan salah satu biomassa yang dapat digunakan untuk pembuatan nanoselulosa," kata mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik Unsyiah, Karmila di Banda Aceh, Senin ( 7/08/2017).

Bahan baku ampas tebu banyak didapat dari para penjual minuman air tebu dan air tebu menjadi minuman favorit masyarakat Aceh dan mudah dijumpai di berbagai daerah di Aceh.

"Riset pengembangan nanoselulosa telah dilakukan dengan berbagai metode dan dengan bahan baku yang berbeda," ujar Karmila.

Inovasi tersebut merupakan hasil karya mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknik Unsyiah yang terdiri dari Aulia Chintia Ambarita, Faisal Yusupi Guswara, Muhammad Adam Armando dan dirinya sebagai ketua.

"Pembuatan nanoselulosa dari ampas tebu ini juga dibimbing oleh Dosen Teknik Kimia Unsyiah Dr Ir Sri Aprilia MT," katanya.

Ia mengatakan riset tentang pembuatan nanoselulosa dari ampas tebu dengan metode hidrolisa asam sebagai upaya mengurangi limbah dari ampas tebu dari para pedagang air tebu.

Penelitian tersebut dilakukan di Laboratorium Dasar Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Unsyiah selama empat bulan. Ada pun kelebihan dari penelitian tersebut adalah adanya katalis yang berfungsi sebagai zat yang dapat mempercepat reaksi. Proses penelitian ini dilakukan secara kimiawi yaitu dengan metode hidrolisa asam.

"Nanoselulosa yang dihasilkan dapat digunakan untuk berbagai bidang, seperti biomedis, bioteknologi, dan pengganti fiber glass," katanya.

Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal mengapresiasi atas riset yang dilakukan para mahasiswa tersebut.

" Kita ingin Unsyiah jadi kampus berbasis riset,melahirkan inovasi-inovasi baru yang berguna bagi bangsa Indonesia," katanya.(*)

 

loading...

#

Sebelumnya

Bupati Mathius: Mubes pemuda Waibhu diharapkan berdampak positif

Selanjutnya

Lengkapi struktur OPD, Bupati Jayawijaya lantik pejabat eselon

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe