Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Mamta
  3. Banjir di Jayapura, Wali Kota : masyakarat belum sadar lingkungan
  • Selasa, 08 Agustus 2017 — 11:43
  • 934x views

Banjir di Jayapura, Wali Kota : masyakarat belum sadar lingkungan

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengakui musibah banjir yang terjadi di Kota Jayapura terjadi akibat kurangnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Terbukti sampai sekarang masih banyak masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya dan sembarang menebang pohon di kawasan hutan lindung.
Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, saat melakukan inspeksi di sungai Anafri - Jubi/ Hengky Yeimo
Hengky Yeimo
yeimohengky@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

 

 

Jayapura, Jubi - Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengakui musibah banjir yang terjadi di Kota Jayapura terjadi akibat kurangnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. Terbukti sampai sekarang masih banyak masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya dan sembarang menebang pohon di kawasan hutan lindung.

Dalam rangka penanganan banjir, Wali Kota akan lebih selektif dalam memberikan izin mendirikan bangunan termasuk akan menindak tegas masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya dan menebang pohon seenaknya. 

"Pemkot juga minta pada pemilik hak ulayat agar jangan suka menjual tanahnya sembarangan, karena ini juga termasuk pemicunya," kata Benhur Tomi Mano, kepada Jubi, Senin (7/8/2017).

Ditegaskan, tugas Pemkot Jayapura nantinya dinas terkait harus lebih tegas dalam menindak masyarakat yang buang sampah tidak pada tempatnya, akan lebih selektif dalam mengeluarkan IMB termasuk memperbaiki masalah banjir mulai dari hulu hingga hilir

"Saya minta Dinas PU Kota Jayapura, Satpol PP ,dan dinas terkait lainnya agar lebih maksimal dalam menjalankan tugasnya di lapangan,” tegasnya.

Mano mengatakan penerimaan Adipura kelima tidak ada kaitannya dengan musibah banjir. Penghargaan Adipura diberikan oleh pemerintah pusat karena Pemerintah Kota Jayapura dinilai telah menjalankan tugasnya dalam menjaga kebersihan lingkungan, penataan kota yang hijau, dan memberikan pelayanan secara maksimal di masyarakat. 

"Semua indikator penilaian kita sudah penuhi maka sewajarnya jika kita mendapatkan Piala Adipura. Ini murni hasil kerja keras Pemkot dan dukungan masyarakat," jelasnya.

Dalam penerapan Adipura tersebut Presiden RI mencanangkan penanaman 25 pohon bagi setiap warga 25 pohon dan Pemkot Jayapura mendukungnya.

Sementara itu, Arche, mengatakan banjir di Kota Jayapura menjadi perhatian seluruh masyarakat bukan hanya tugas pemerintah.

“Jangan menebang pohon sembarangan, jaga pelestarian lingkungan, jangan buang sampah di sembarang tempat. Jangan buang sampah di parit karena hal tersebut jika diabaikan tiba saatnya turun hujan tentu berdampak bagi kita seperti banjir,”  katanya.

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Wali Kota ajak RT RW berpatisipasi rayakan HUT RI ke 72

Selanjutnya

Ribuan masyarakat hadiri penutupan Festival Teluk Humbold

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe