Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Ketua Sumber Makmur: kami senang ada alat pertanian modern 
  • Selasa, 08 Agustus 2017 — 18:10
  • 1002x views

Ketua Sumber Makmur: kami senang ada alat pertanian modern 

Menurutnya, lahan yang dikelola saat ini luasnya mencapai 19 hektare, dengan jenis tanaman padi. Adanya alat pertanian tersebut, memudahkan anggota kelompoknya dalam mengelola lahan yang luas.
Kepala Dinas TPH saat foto bersama dengan Mauri Tabuni dan anggota kelompok tani - Jubi/Engel
Engelbert Wally
engellenny2509[email protected]
Editor : Galuwo

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Sentani,Jubi - Penyerahan alat pertanian oleh Dinas Tanaman Pangan Holtikultura (TPH), Kabupaten Jayapura, kepada puluhan petani di Distrik Yapsi, diapresiasi semua kelompok tani, termasuk Mauritius Tabuni, salah satu petani yang menerima bantuan.

Tabuni, yang juga sebagai ketua kelompok tani Sumber Makmur di Kampung Takwa Bangun, Distrik Yapsi, berterima kasih dengan adanya fasilitas pendukung pertanian modern, guna mendukung proses pengolahan pertanian di kampung oleh kelompoknya.

Menurutnya, lahan yang dikelola saat ini luasnya mencapai 19 hektare, dengan jenis tanaman padi. Adanya alat pertanian tersebut, memudahkan anggota kelompoknya dalam mengelola lahan yang luas.

"Awalnya kami hanya menggunakan alat dengan sistem sewa, hal ini juga tidak maksimal karena harus menggunakan alat sesuai dengan jumlah anggaran yang dikeluarkan. Sekarang sudah punya alat pertanian seperti ini, tentunya sangat membantu," jelas Tabuni, saat ditemui di UPTD TPH usai menerima peralatan pertanian, Selasa ( 8/8/2017).

Dijelaskan, hasil pertanian selama ini hanya dijual di kalangan masyarakat sekitar kampungnya. Sementara, kelompoknya berharap ke depan ada pembeli dari luar yang tertarik membeli hasil pertanian mereka.

"Anggota dalam kelompok kami ada 29 orang, sementara hasil yang diproduksi jarang sekali dijual keluar dari Distrik Yapsi. Kadang juga hasil yang dipanen ini, hanya dikonsumsi sendiri bersama keluarga," katanya.

Adolof Yoku, Kepala Dinas TPH, Kabupaten Jayapura, mengaku bangga ada masyarakat asli Papua, yang benar-benar serius mengurusi lahan pertanian yang luasnya mencapai 19 hektare.

"Ini bagian dari pemberdayaan masyarakat yang sebenarnya sedang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, bahwa masyarakat lokal punya kemampuan melaksanakan apa saja, ketika didukung fasilitas dan juga peralatan yang baik. Tetapi yang terpenting di sini adalah niat dan kemauan dari kelompok tani," ungkap Yoku. (*)

loading...

Sebelumnya

Bupati Jayapura sumbang alat pertanian di Distrik Yapsi

Selanjutnya

Tokoh adat ancam bakar toko penjual miras 

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe