Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. 20 jurnalis Kota Jayapura, ikut penyuluhan Bahasa Indonesia
  • Selasa, 08 Agustus 2017 — 19:44
  • 1183x views

20 jurnalis Kota Jayapura, ikut penyuluhan Bahasa Indonesia

Kepala Balai Bahasa Papua dan Papua Barat, Toha Machsum, dalam sambutannya mengatakan penggunaan bahasa Indonesia baik lisan maupun tulisan, sangat penting bagi para pekerja media massa dalam hal ini para jurnalis.
Kepala Balai Bahasa Papua dan Papua Barat, Toha Machsum (kiri) saat menyerahkan baju dan tanda peserta kepada Ketua PWI Papua, Abdul Munib pada acara penyuluhan Bahasa Indonesia terhadap media massa sekota Jayapura - Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Kurang lebih 20-an jurnalis di Kota Jayapura, mengikuti penyuluhan Bahasa Indonesia yang diadakan Balai Bahasa Papua dan Papua Barat, di Aula Balai Bahasa. Kegiatan itu berlangsung selama kurang lebih tiga hari, dari 8 hingga 10 Agustus 2017.

Kepala Balai Bahasa Papua dan Papua Barat, Toha Machsum, dalam sambutannya mengatakan penggunaan bahasa Indonesia baik lisan maupun tulisan, sangat penting bagi para pekerja media massa dalam hal ini para jurnalis.

"Kenapa? Agar pesan yang disampaikan melalui media massa seperti televisi, radio dan surat kabar dapat tersampaikan dengan baik, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar," katanya.

Untuk itu, dirinya berharap, bagi para jurnalis yang mengikuti penyuluhan tersebut dapat mengikutinya dengan baik, sehingga pada akhir kegiatan akan dilakukan tes atau Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

"Jurnalis adalah corong bagi semua komponen dari seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu, jurnalis seharusnya bisa menguasai dan dapat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan menerapkannya di lingkungan masing-masing," ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua, Abdul Munib, berharap apa yang dilakukan pihak Balai Bahasa, dalam penguatan berbahasa Indonesia yang baik dan benar di kalangan jurnalis di Kota Jayapura, bisa bermanfaat.

"Media massa, khususnya para jurnalis memang harus dibekali dengan pemahaman bahasa Indonesia yang baik dan benar. Karena jika terjadi salah penulisan di berita,  maka mengubah makna dari pemberitaan tersebut," katanya.

Menurut Munib, bahasa selain menjadi alat penghubung, juga menjadi jati diri manusia.

"Di Indonesia khususnya di Papua, banyak sekali keberagaman bahasa. Dan untuk menyatukan keberagaman tersebut masyarakat menggunakan bahasa Indonesia. Namun, dialek dan kosa katanya ada yang berbeda," ujarnya. (*)

Sebelumnya

Sebanyak 12 tenaga guru kontrak akan ditempatkan di Distrik Yaniruma

Selanjutnya

Widodo: Kaidah Ejaan Bahasa Indonesia sangat penting

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe