Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Satgas Saber Pungli Jayawijaya terbentuk
  • Rabu, 09 Agustus 2017 — 10:35
  • 590x views

Satgas Saber Pungli Jayawijaya terbentuk

Pemerintah Kabupaten Jayawijaya bekerjasama dengan instansi lin telah resmi membentuk satuan tugas (satgas) sapu bersih pungutan liar (saber pungli) yang dikukuhkan langsung oleh Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo.
Pengukuhan satgas saber pungli Jayawijaya oleh Bupati - Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,


Wamena, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya bekerjasama dengan instansi lin telah resmi membentuk satuan tugas (satgas) sapu bersih pungutan liar (saber pungli) yang dikukuhkan langsung oleh Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo.

Satgas saber pungli ini melibatkan pemerintah daerah, Polres Jayawijaya, Kejaksaan Negeri Wamena, dan Pengadilan Negeri Wamena dimana tugas sagas saber pungli adalah melakukan pengawasan terhadap berbagai tindakan pungutan liar.

Bupati Wempi Wetipo mengatakan setiap satker yang ada di Pemda Jayawijaya untuk berhati-hati dalam melakukan pengelolaan keuangan negara dan tidak dibenarkan untuk melakukan tindakan pungli yang bisa mencederai Pemda Jayawijaya, sehingga dibentuklah satgas saber pungli.

"Saat ini kami sudah resmi memiliki tim saber pungl. Saya harapkan tim ini akan memberikan pengawasan terhadap segala bentuk pungutan liar di Kabupaten Jayawijaya sehingga dapat mewujudkan Jayawijaya bebas pungli," ungkapnya usai pengukuhan, Selasa (8/8/2017), di Gedung Wio Kantor Bupati Jayawijaya.

Menurutnya, Presiden sudah melihat perjalanan birokrasi ini lambat karena adanya pungutan liar. Presiden menginstruksikan  Menteri Dalam Negeri dan kemudian dilimpahkan lagi ke pememerintah provinsi dan dan kabupaten di seluruh Indonesia untuk membentuk satgas saber pungli.

Bupati mengharapkan dengan pelantikan satgas saber pungli ini, yang disaksikan oleh Kapolda Papua, Jayawijaya bisa menjadi barometer pemberantasan pungli di wilayah Pegunungan Tengah Papua.

"Banyak sektor yang saya lihat bisa menjadi strategi untuk melakukan pungli. Hanya saja dalam prakteknya selalu berdiam-diam sehingga kami harus membentuk tim saber pungli secara bersama-sama agar tidak ada konspirasi," jelasnya.

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafly Amar, mengakui pembentukan satgas saber pungli ini adalah perintah Presiden sehingga sebagai aparatur negara harus menjalankannya dengan baik.  Kapolda berharap adanya tim ini bisa mengurangi pungli dan tindak koruptif pada semua lini yang melakukan pelayanan masyarakat di Kabupaten Jayawijaya.

"Keterlibatan Polri dalam pengawasan dana desa juga merupakan upaya pencegahan tindak pidana korupsi sehingga bisa dilakukan tindakan penyelidikan, dan tim ini bisa melakukan pencegahan terhadap perbuatan yang mengarah ke korupsi," ucap Kapolda. (*)

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Pembukaan FBLB 2017 ditandai pemecahan rekor lempar sege

Selanjutnya

Upacara HUT RI ke-72, Bupati Jayawijaya ajak pejabat pakai koteka

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe