Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Sidak di Kaimana, BPOM amankan obat kedaluarsa
  • Jumat, 11 Agustus 2017 — 19:19
  • 1647x views

Sidak di Kaimana, BPOM amankan obat kedaluarsa

Koordinator tim BPOM Papua Barat, Putra Jaya Hamonangan Manalu SH, menjelaskan kegiatan rutin yang dilakukan pihaknya, sebagai upaya penertiban terhadap penjualan obat dan makanan di seluruh wilayah Papua Barat.
Ilustrasi BPOM - tempo.co
Admin Jubi
redaksionline@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Kaimana, Jubi - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Papua Barat, kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) di wilayah Kaimana. Sidak yang dilaksanakan ini, merupakan program tetap dari BPOM Papua Barat.

Koordinator tim BPOM Papua Barat, Putra Jaya Hamonangan Manalu SH, menjelaskan kegiatan rutin yang dilakukan
pihaknya, sebagai upaya penertiban terhadap penjualan obat dan makanan di seluruh wilayah Papua Barat.

“Ada jenis obat yang tidak bisa dijual bebas, khusus hanya di apotek saja. Begitu pula, untuk makanan, kalau sudah kedaluarsa, tidak boleh dijual lagi ke konsumen, karena membahayakan,” tegasnya.

Sidak yang dilaksanakan di Kaimana, lanjut dia, tim didampingi pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, Hans J.M. Litaay, S.Kep NS dan salah satu staf dari BPOM Papua Barat, Kumala Ayu Kurniawati, S. Farm, Apt.

Dari hasil sidak tersebut, lanjut dia, diperoleh banyak jenis obat yang sudah kedaluarsa, termasuk obat-obatan yang kemasannya sudah rusak.

“Kita juga mengingatkan kepada seluruh pedagang yang menjual obat-obatan, agar tidak menjualnya jika kemasannya sudah rusak atau sudah kedaluarsa, karena sudah terkontaminasi dengan zat lainnya,” tegas Manalu.

Dia menambahkan, ada 9 tempat yang dilakukan sidak di hari pertama, selanjutnya akan dilakukan sidak di hari kedua, sebelum tim BPOM pulang ke Manokwari.

“Kita upayakan, hari ini kita akan datangi seluruh tempat usaha, baik itu apotek, toko obat dan kios serta usaha dagang lainnya yang berhubungan dengan obat dan makanan,” imbuhnya.

Dikatakan, selain itu pihaknya juga mengecek sarana distribusi yang dipergunakan dalam mendistribusikan obat dan makanan di wilayah Kabupaten Kaimana.

“Ini juga sebagai bentuk sosialisasi, agar masyarakat juga bisa waspada. Kalau menemukan barang kedaluarsa dan
sudah rusak kemasannya, agar memberitahukannya kepada pihak yang menjualnya. Masyarakat juga diharapkan ikut melakukan pengawasan ini, laporkan jika memang masih terdapat mereka yang nakal menjual obat dan makanan yang kedaluarsa atau rusak kemasannya,” tegas Manalu lagi. (Jacob Owen)

loading...

Sebelumnya

Peresmian gereja Yerusalem, anak-anak diingatkan bahaya narkoba

Selanjutnya

SMA Kristen Koinonia memilih ketua OSIS baru

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe