Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Lomba mendongeng, penguatan literasi anak usia dini
  • Selasa, 15 Agustus 2017 — 13:09
  • 592x views

Lomba mendongeng, penguatan literasi anak usia dini

Guna memberikan pengenalan literasi kepada anak-anak usia dini, Balai Bahasa Papua menggelar lomba dongeng kepada para guru PAUD dan TK se-kota/kabupaten Jayapura yang berlangsung selama dua hari di Aula Balai Bahasa Papua.
Salah satu guru TK saat mendongeng kepada anak-anak usia dini dalam acara Lomba Mendongeng - Jubi/Roy Ratumakin
Roy Ratumakin
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Guna memberikan pengenalan literasi kepada anak-anak usia dini, Balai Bahasa Papua menggelar lomba dongeng kepada para guru PAUD dan TK se-kota/kabupaten Jayapura yang berlangsung selama dua hari di Aula Balai Bahasa Papua.

Ketua Panitia lomba Dongeng, Muntihana, kepada Jubi, Selasa (15/8/2017), disela-sela lomba mengatakan tujuan lomba dongeng agar para tenaga pendidik jenjang pendidikan usia dini bisa menyampaikan pelajarannya dalam bentuk mendongeng atau bercerita.

"Ini sudah tiga kali kami lakukan. Harapan utamanya adalah bagaimana interaksi antara guru dan siswa khususnya anak-anak usia dini dalam memahami dan mengerti perumpamaan ataupun isi dongeng tersebut yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya," katanya.

Ditambahkan, dalam lomba dongeng tersebut juga bisa diselipkan kata-kata atau kalimat yang bernuansa dialek atau logat Papua serta kata-kata non baku asli Papua.

"Intinya dongeng atau cerita bisa tersampaikan kepada anak-anak. Kita sekarang berada di Papua, otomatis kita bisa selipkan kata-kata bahasa yang masih bisa dipahami anak-anak," ujarnya.

Terkait dengan jumlah peserta, Muntihana mengatakan target awal 50 peserta dari sekolah usia dini di Kota dan Kabupaten Jayapura. Namun hingga pelaksanaan lomba hanya 37 sekolah yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

"Ada 37 sekolah yang ikut, kalau jumlah peserta ada 44 guru. Ada sekolah yang mengirimkan satu hingga dua gurunya untuk ikut lomba ini," katanya.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Usia Dini, Dinas Pendidikan Kota Jayapura, Cliford Korwa, mengatakan kegiatan atau lomba tersebut adalah sesuatu yang sangat penting karena sesuai dengan program pengenalan literasi sejak dini terhadap anak-anak.

"Mendogeng untuk anak PAUD dan TK sangat penting karena di SD, SMP hingga SMA wajib menbaca sedangkan tingkatan PAUD dan TK hanya bermain dan mengenal angka dan huruf. Metode yang dipakai adalah literasi dari mendongeng. Dengan mendongeng diharapakn ketika anak mendengar dongengan dari gurunya bisa menjadi inspirasi dari hal yang sifatnya abstrak bisa menjadi nyata," katanya. (*)

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Sebanyak 30 siswa terjaring program akselerasi di SMAN 4 Jayapura

Selanjutnya

SMAN 2 Jayapura diterapkan SKS kepada seluruh siswa

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe