Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Lukas Enembe berhasil jaga toleransi beragama
  • Selasa, 15 Agustus 2017 — 18:47
  • 1268x views

Lukas Enembe berhasil jaga toleransi beragama

"Penghargaan itu diberikan kepada pemimpin atau kepala daerah, yang telah berhasil mewujudkan dan memelihara kerukunan antar umat beragama di daerahnya. Jadi ada dua Gubernur yang mendapatkan penghargaan ini, salah satunya Gubernur Papua," kata Jannus kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (15/8/2017).
Kepala Kantor Wilayah Kemenag Papua, Jannus Pangaribuan menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Papua Lukas Enembe - IST
Alexander Loen
Editor : Galuwo

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), menilai Gubernur Papua Lukas Enembe berhasil menjaga toleransi umat beragama di Papua. 

Atas keberhasilan tersebut, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melalui Kepala Kantor Wilayah Kemenag Papua, Jannus Pangaribuan, memberikan penghargaan kepada Gubernur Papua, yang diserahkan pada Senin (14/8/2017).

"Penghargaan itu diberikan kepada pemimpin atau kepala daerah, yang telah berhasil mewujudkan dan memelihara kerukunan antarumat beragama di daerahnya. Jadi ada dua Gubernur yang mendapatkan penghargaan ini, salah satunya Gubernur Papua," kata Jannus kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (15/8/2017).

Menurutnya, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Agama memiliki kriteria yang sangat spesifik, dalam memberikan penilaian kepada kepala daerah, yang mampu mewujudkan dan memelihara toleransi beragama.

Artinya, Kementerian Agama memiliki suatu bidang yakni pusat kerukunan yang bertugas dan melakukan pengamatan serta penilaian kepada para pimpinan di daerah.

"Jadi pusat kerukunan ini melakukan survey di lapangan kemudian melihat kondisi secara nyata di Papua, apakah dalam keadaan aman dan damai. Sehingga dengan penilaian ini menjadi kriteria serta dijadikan dasar, Papua layak diberikan penghargaan," ucapnya.

Ia mengakui, sangat banyak yang bisa dijadikan contoh keberhasilan Gubernur Papua dalam mewujudkan toleransi dan kerukunan umat beragama. Misalnya saja, terlaksananya event-event keagamaan, seperti Pesparawai dan MTQ di Kabupaten Jayapura yang berlangsung secara bersamaan.

"Ini menjadi salah satu contoh kecil yang sudah diwujudkan dalam toleransi dan kerukunan umat beragama," katanya.

Sementara itu, Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan dua provinsi di Indonesia telah mendapat penghargaan dari Kementerian Agama karena dinilai berhasil menjaga kerukunan umat beragama di seluruh Indonesia.

"Jadi yang dapat penghargaan ini adalah Papua dan salah satu provinsi di Kalimantan," kata Enembe. (*)

loading...

Sebelumnya

Kasus Deiyai, gubernur minta aparat belajar budaya Papua

Selanjutnya

Bupati Mimika diminta berikan hak anggota dewan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe