Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Sebanyak 47 napi Lapas Wamena diusulkan terima remisi kemerdekaan
  • Rabu, 16 Agustus 2017 — 10:52
  • 848x views

Sebanyak 47 napi Lapas Wamena diusulkan terima remisi kemerdekaan

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Wamena, Yusak Bin Sabetu, mengungkapkan sebanyak 47 orang narapidana akan diusulkan untuk menerima remisi atau pengurangan hukuman, dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 72 tahun 2017.
Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Wamena, Yusak Bin Sabetu, bersama jajarannya-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Wamena, Jubi – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Wamena, Yusak Bin Sabetu, mengungkapkan sebanyak 47 orang narapidana akan diusulkan untuk menerima remisi atau pengurangan hukuman, dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 72 tahun 2017.

“Kami sudah usulkan sejak awal bulan ini, ada 47 orang. Narapidananya ada 62 tetapi yang memenuhi syarat hanya 47 orang dan nanti sekitar tanggal 16 Agustus keputusan itu diterima dari Menteri Kukum dan HAM melalui Kanwil,” kata Yusak, kepada wartawan di Wamena, Selasa (15/8/2017).

Dijelaskan, remisi bagi setiap narapidana diberikan setiap hari nasional seperti 17 Agustus, kemudian hari raya keagamaan. Dimana, remisi 17 Agustus biasanya pengurangan masa tahanan lebih besar dari remisi hari raya yang paling rendah 15 hari. Remisi umum 17 Agustus diberikan kepada narapidana yang sudah menjalani hukuan minimal satu tahun, kelakuan baik, dan beberapa syarat lain.

“Remisi kemerdekaan tahun ini, dari 47 orang tersebut tidak ada yang remisi bebas, hanya mendapatkan remisi satu bulan hingga tiga bulan,” katanya.

Diakui pula, untuk narapidana narkoba tidak memenuhi syarat remisi, karena sesuai undang-undang nomor 35 tentang narkoba, itu harus menjalani sepertiga masa tahanan baru bisa dapat remisi. Karena rata-rata narkoba ini hukuman tinggi enam tahun ke atas.

“Jadi diantara yang dapat remisi ini, narapidana narkoba tidak dapat dan di Lapas Wamena ini ada enam orang napi narkoba ditambah lima orang tahanan. Yang dapat remisi itu harus narapidana dan juga harus sudah menjalani dua per tiga masa hukuman,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Daerah Jayawijaya, Yohanes Walilo, menegaskan untuk pelaksanaan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Jayawijaya akan tetap dilaksanakan di lapangan Pendidikan Wamena.

Dimana, sebelum upacara bendera diadakan malam taptu, malam dharma bhakti paskibra, dan malam renungan suci.

“Usai upacara akan diadakan ziarah ke TMP juga Bupati akan memberikan remisi di Lapas Wamena mewakili pemerintah pusat,” kata Walilo. (*)
 

loading...

Sebelumnya

Rumah belajar Wamena gelar berbagai lomba

Selanjutnya

Kepala Kampung Sapalek bangun fasilitas PAUD dan honai belajar

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe