Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Jumat, DKPP akan periksa 33 penyelenggara pemilu di Mapolda Papua
  • Rabu, 16 Agustus 2017 — 17:30
  • 1229x views

Jumat, DKPP akan periksa 33 penyelenggara pemilu di Mapolda Papua

Dalam laporannya Nomor 173/VI-P/L-DKPP/2017, Arsi melaporkan Fred H Sorontau, anggota KPU Kab Jayapura beserta jajarannya Jhon Saman Kasubbag Teknis Sekretariat KPU Kab Jayapura dan Trida Asmuruf selaku staf sekretariat KPU Kab. Jayapura.
Ilustrasi - IST
Victor Mambor
victor_mambor@tabloidjubi.com
Editor :

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Anggota DKPP Prof Muhammad dan Ida Budhiati akan memeriksa sebanyak 33 penyelenggara Pemilu yang diduga melanggar kode etik, Jumat (18/8/2017) bertempat di Mapolda Papua. Mereka diadukan oleh Arsi Divinubun selaku kuasa hukum dari Ireneus Liku Wattan Bolly yang merupakan Tim pemenangan paslon Bupati dan Wakil Bupati Yanni- Zadrak Apasedanya.

Dalam laporannya Nomor 173/VI-P/L-DKPP/2017, Arsi melaporkan Fred H Sorontau, anggota KPU Kab Jayapura beserta jajarannya Jhon Saman Kasubbag Teknis  Sekretariat KPU Kab Jayapura dan Trida Asmuruf selaku staf sekretariat KPU Kab. Jayapura. Selain mereka, Ketua PPD di sebelas wilayah juga di laporkan yakni Agustinus ketua PPD Sentani Timur, Albertho Sepnat Banundi ketua PPD Sentani Barat, Simson Yaru ketua PPD Kemtuk, Ruben Irem ketua PPD Kemtuk Gresik, Hendrik Trapen ketua PPD Gresi Selatan, Arman Wabiser ketua PPD Nimboran, Daniel Mebri ketua PPD Nimbokrang, Darius Albert Karafir ketua PPD Demta, Adolof Fanggi ketua PPD Yapsi, Moses Lory ketua PPD Kaureh, dan Naftaly Kwarje ketua PPD Airu.

Enam belas teradu lainnya adalah ketua Panwas distrik. Mereka adalah Zeth O Yarisetow ketua Panwas Distrik Yokari, Alex Tecuari ketua Panwas Distrik Distrik Nimboran, Rikhy Puhiri ketua Panwas Distrik Sentani Timur, Mesak Waicang ketua Panwas Distrik Namblong, Yunus Sawa ketua Panwas Distrik Nimbokrang, Aneke Yuliana Yewi ketua Panwas Distrik Kemtuk, Yelly F Felle ketua Panwas Distrik Sentani, Nur Kreuta ketua Panwas Distrik Waibu, Parmenas Ters ketua Panwas Distrik Unurum Guay, Dorsila Okoseray ketua Panwas Distrik Raveni Rara, Robert Max Wally ketua Panwas Distrik Ebungfauw, Zakarias Pasik ketua Panwas Distrik Airu, Orgenes Wouw ketua Panwas Distrik Gresi Selatan, Supriyadi ketua Panwas Distrik Sentani Barat, Yan Pieter Tegay ketua Panwas Distrik Kemtuk Gesi dan Saul Kosay ketua Panwas Distrik Demta.

Mereka dilaporkan atas dugaan Arsi sebagai Pengadu terhadap formulir model C-KWK, C1-KWK, dan lampiran model C1-KWK berhologram, yang menurutnya tidak tersedia di TPS pada hari pemungutan suara tanggal 15 Februari 2017. Dia menduga form-form tersebut kemudian diisi oleh staf sekretariat KPU Kab Jayapura di kantor KPU Kab Jayapura beberapa hari setelah pemungutan suara. Tidak hanya itu, Pengadu menduga adanya pemalsuan tanda tangan KPPS pada form-form tersebut. Hal tersebut menurutnya berdasarkan instruksi dari Fred H Sorontou, Jhon Saman, dan Trida yang menjadi Teradu I, II, dan III dalam perkara ini.

Lebih jauh, Pengadu juga menjelaskan dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Ketua PPD sebagaimana yang telah disebut di atas yang menjadi Teradu IV sampai dengan XIV. Ardi menyebut dalam laporannya bahwa mereka secara sengaja tidak mendistribusikan form-form itu, juga tidak mengundang paslon dan Tim Kampanye dalam proses rekapitulasi penghitungan suara tingkat Distrik pada tanggal 16-22 Februari 2017.

Adapun untuk dugaan pelanggaran kode etik terhadap ketua Panwas, Ardi menyebut Teradu XV sampai dengan XXX tidak melaksanakan tugas pengawasan secara professional sesuai ketentuan perundang-undangan.

Tiga teradu lainnya adalah ketua dan anggota Bawaslu provinsi Papua yakni Fegie Y Wattimena, Anugerah Pata, dan Yacob Paisei. Mereka diadukan dengan nomor pengaduan yang berbeda oleh Arsi dengan nomor registrasi pengaduan 182/VI-P/L-DKPP/2017. Ketua dan anggota Bawaslu provinsi Papua dilaporkan karena diduga telah mengabaikan atau tidak menindaklanjuti laporan dugaan pemalsuan form-form tersebut dan lampirannya yang dilaporkan oleh ketua koalisi paslon nomor urut 1 dalam pilkada kab Jayapura.

Osbin Samosir selaku Kabag Administrasi Persidangan menyampaikan bahwa sidang pemeriksaan akan berlangsung di Mapolda dan dilaksanakan pada pukul 10.00 WIT.

“Pemeriksaan terhadap 33 penyelenggara pemilu ini akan dilakukan di Mapolda Papua, pada pukul 10.00 WIT. Bertindak sebagai majelis sidang, nanti dari anggota DKPP yaitu Prof Muhammad dan ibu Ida Budhiati. Serta Tim Pemeriksa Daerah Papua yaitu bapak Ferry Kareth dan ibu Hilda,” kata Osbin. (*)

loading...

Sebelumnya

Peringati 55 tahun New York Agreement, 100 orang ditangkap di tiga kota

Selanjutnya

Kejari Timika tahan tersangka korupsi insentif guru

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe