Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Seni & Budaya
  3. Mari dukung Danau Love, FDS dan Pantai Harlem menjadi situs wisata populer
  • Kamis, 17 Agustus 2017 — 06:57
  • 3177x views

Mari dukung Danau Love, FDS dan Pantai Harlem menjadi situs wisata populer

Namun perolehan suara obyek wisata, dari Tanah Papua ini masih jauh tertinggal dari perolehan suara situs wisata, atraksi budaya, festival dan makanan/minuman populer dari daerah lain.
Pantai Harlem dianggap sebagai salah satu surga snorkling tersembunyi - goodnewsfromindonesia.com
Victor Mambor
victor_mambor@tabloidjubi.com
Editor :

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Seperti ditahun-tahun sebelumnya, memasuki bulan Juni hingga akhir tahun, penyelenggaraan kegiatan Festival Pariwisata diberbagai daerah di Indonesia akan berlangsung semarak dan meriah. Berlangsungnya kegiatan-kegiatan festival tersebut akan sangat bagus dalam mendorong dan mempromosikan pariwisata daerah sebagai upayamengoptimalkan tingkat kunjungan wisatawan.

Seiring dengan itu, penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 kali ini tidak terlepas pula dari kegiatan-kegiatan festival tersebut. Beberapa daerah memanfaatkan kegiatan festival untuk mendorong promosi pariwisata daerahnya terutama untuk obyek atau tujuan wisata yang masuk sebagai nominasi API 2017.

“Terbukti hal ini cukup efektif dalam meningkatkan perolehan suara untuk nominasi API 2017 dari daerah masingmasing. Tercatat beberapa festival dan atraksi pariwisata yang melibatkan kegiatan API 2017 didalamnya seperti Festival Bumi Rafflesia (Bengkulu), Ritual Bakar Tongkang (Riau), EIFAF (Kalimantan Timur) dan masih banyak lainnya,” kata Nanda Satria Azwar, Ketua Penyelenggara Anugerah Pesona Indonesia 2017 melalui rilis yang diterima redaksi Jubi, Kamis (17/8/2017).

Di lain sisi, Anugerah Pesona Indonesia telah pula menjelma menjadi inspirasi dan motivator bagi banyak daerah, terutama yang sebelumnya tidak terlalu percaya diri dengan potensi pariwisata yang dimiliki, untuk mempunyai keyakinan bahwa obyek wisata yang dimilikinya tidak kalah bersaing dengan daerah lain yang telah lebih dulu memajukan pariwisatanya. Melalui kemasan promosi yang menarik dan didorong pula dengan kegiatan API 2017 yang berskala nasional, bahkan internasional, maka bukan tidak mungkin obyek wisata yang ada akan menjelma menjadi pariwisata populer dan berperan aktif dalam mendorong kemajuan perekonomian daerah.

“Disinilah peran API 2017 sebagai Ajang Apresiasi Pariwisata Terpopuler Indonesia, akan selalu mempromosikan seluruh destinasi wisata di Nusantara, khususnya yang masuk dalam nominasi dan kategori API 2017. Kegiatan API 2017 sendiri diikuti oleh 34 Provinsi dan 105 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang terwakili dalam 150 nominasi dalam 15 kategori yang ada,” ungkap Nanda.

Lanjutnya, perolehan suara sementara pada seluruh kategori. Secara total, sampai dengan tanggal 31 Juli 2017 tercatat sudah 57.336 votes yang masuk, dimana angka tersebut sudah melampaui jumlah votes dari penyelenggaran tahun sebelumnya.

Dari nominasi-nominasi yang dirilis, terdapat tiga situs wisata, atraksi budaya serta makanan dan minuman dari Tanah Papua. Diantaranya Pantai Harlem di Kabupaten Jayapura (dinominasikan sebagai situs wisata bersih terpopuler), Danau Love di Sentani (dinominasikan sebagai tujuan wisata baru terpopuler), Festival Danau Sentani (dinominasikan sebagai festival pariwisata terpopuler) dan Kopi Hijau Wamena (dinominasikan sebagai minuman tradisional terpopuler).

Namun perolehan suara obyek wisata, dari Tanah Papua ini masih jauh tertinggal dari perolehan suara situs wisata, atraksi budaya, festival dan makanan/minuman populer dari daerah lain.

Engel Wally, jurnalis dan fotografer di Kabupaten Jayapura berharap masyarakat di Papua bisa memberikan dukungan lebih banyak lagi agar obyek wisata dari Tanah Papua ini semakin terkenal.

“Kalau tempat wisata di daerah kita semakin dikenal, pasti semakin banyak yang berkunjung dan itu artinya pemasukan bagi daerah,” kata Engel.

Lebih dari itu, ia pun berharap obyek-obyek wisata di Tanah Papua ini bisa tetap terjaga dari tangan-tangan manusia yang tidak bertanggungjawab seperti merusak dan membuang sampah.

Untuk memberikan dukungan pada obyek-obyek wisata Tanah Papua dalam nominasi dan kategori API 2017 anda bisa mengunjungi situs ayojalanjalan.com. (*)

 

loading...

Sebelumnya

BI sarankan korban Swissindo lapor polisi

Selanjutnya

Siswa dan staf SMA Epi di Vanuatu mogok

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe