Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Pasifik
  3. Penyakit landa pohon asli Hawai’i, dikhawatirkan menyebar ke seluruh Pasifik
  • Jumat, 18 Agustus 2017 — 08:08
  • 392x views

Penyakit landa pohon asli Hawai’i, dikhawatirkan menyebar ke seluruh Pasifik

Lisa Keith, yang merupakan bagian dari tim peneliti penyakit tersebut mengatakan tidak ada bukti bahwa penyakit tersebut telah menyebar lebih jauh.
Gejala dari penyakit pohon ini adalah bercak kehitaman - RNZI/ Supplied by JB Friday
RNZI
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Zely Ariane

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Honolulu, Jubi – Kepanikan sedang terjadi di Pulau Hawai’i akibat penyakit yang telah menyerang pohon asli Hawai’i yaitu pohon ōhi'a atau Metrosideros polymorpha, dapat menyebar luas ke seluruh daerah Pasifik. 
 
Penyakit ini disebabkan oleh jamur Ceratocystis fimbriata dan efeknya dikenal sebagai Kematian Drastis 'Ōhiʻa  atau Rapid 'Ōhiʻa Death. Penyakit ini pertama kali ditemukan pada tahun 2014 dan sejak itu telah menginfeksi lebih dari 75,000 hektar hutan ōhi'a.
 
Jamur Ceratocystis fimbriata hidup di dalam tanah dan menyebabkan daun ōhi'a berubah warna menjadi hitam dan rontok, jamur ini dapat membunuh sebuah pohon dalam beberapa hari.
 
Menurut peneliti dari University of Hawai'i selain hewan liar dan kumbang serta serangga lainnya yang menjadi vektor penyebaran penyakit ini, pergerakan manusia juga memainkan peran besar.
 
Kematian cepat 'Ōhi'a diyakini telah menyebar ke Tahiti dimana sejumlah besar pohon asli metrosideros tiba-tiba rontok dan mati.
 
Seorang ilmuwan di Hawai’i mengatakan bahwa Hawai’I memiliki prosedur karantina yang ketat untuk memastikan penyebaran penyakit yang menyapu pohon asli setempat ini dihentikan.
 
Lisa Keith, yang merupakan bagian dari tim peneliti penyakit tersebut mengatakan tidak ada bukti bahwa penyakit tersebut telah menyebar lebih jauh.
 
"Departemen Pertanian Hawai’i sangat proaktif dalam mengurus karantina antar pulau. Jadi, bahan apapun, kayu 'ōhi'a apapun perlu dirawat dan diobati untuk membunuh jamur tersebut dan diperiksa sebelum diekspor ke luar pulau Hawai’i."
 
Pohon 'ōhi'a memiliki nilai budaya bagi pribumi Hawai’i dan memainkan peran penting di lingkungan dan ekosistem serta memiliki nilai komersial dalam perdagangan kayu.(Elisabeth C. Giay)
 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Vanuatu larang batu kerikil masuk dari Tiongkok

Selanjutnya

Pergulatan Yap dengan wisata (bagian 1)

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe