Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. Menteri PPPA bantu warga binaan Lapas Wamena
  • Jumat, 18 Agustus 2017 — 09:29
  • 525x views

Menteri PPPA bantu warga binaan Lapas Wamena

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 kali ini diwarnai pemberian remisi bagi warga binaan di setiap Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Indoneaia, termasuk di Wamena.
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise, saat mengunjungi Lapas Klas II B Wamena - Jubi/IST
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Wamena, Jubi –  Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 kali ini diwarnai pemberian remisi bagi warga binaan di setiap Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Indoneaia, termasuk di Wamena.

Kepala Lapas Klas II B Wamena, Yusak Bin Sabetu, kepada wartawan usai pemberian remisi, Kamis (17/8/2017), menjelaskan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise, memfasilitasi seorang narapidana perempuan yang mendapat pembebasan bersyarat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Wamena, untuk pulang ke kampungnya di Bekasi, Jawa Barat.

"Ibu Menteri kemarin sempat mengunjungi Lapas Wamena. Dalam kunjungan ke Wamena itu Ibu Menteri sempat mampir ke Lapas melihat kondisi para warga binaan, khusus warga binaan perempuan. Ibu Menteri memberi tiket pesawat membantu satu warga binaan pulang ke Bekasi setelah mendapat pembebasan bersyarat. Tiket pesawat dari Wamena-Jayapura-Jakarta ditanggung Ibu Menteri ," kata Yusak Bin Sabetu.

Menurut Kepala Lapas Wamena, perempuan yang merupakan warga binaan itu dipulangkan ke Bekasi karena yang bersangkutan tidak memiliki keluarga di Jayawijaya.

"Jumat yang bersangkutan sudah bisa berangkat. Tidak ada pengawalan bagi yang bersangkutan. Tetapi karena dia pembebasan bersyarat, dia harus ditemani staf kami ke Bekasi. Disana ada Kantor Balai Pemasyarakatan untuk dia laksanakan wajib lapor," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya,  Minggu (13/8/2017), Menteri PPPA, Yohana Yembise, bersama rombongan mengunjungi Lapas Wamena untuk memeriksa ruang tahanan perempuan dan bertemu dengan dua narapidana perempuan yang sedang menjalani masa tahanan dengan kasus pidana narkoba dan penganiayaan.

Sebelumnya, saat kunjungan kerja ke Lapas itu, ia berpesan kepada petugas yang bekerja Lapas Wamena untuk tidak melakukan tindakan kekerasan terhadap penghuni lapas perempuan serta memberikan apa yang menjadi hak-hak narapidana.

"Para petugas dan Kepala Lapas tolong jaga hak-hak mereka tetap terpenuhi," katanya.

Menteri juga mengatakan akan memperhatikan narapidana perempuan di sana agar memiliki keterampilan dan tetap diberdayakan untuk kegiatan-kegiatan positif.

"Kami akan perhatikan kebutuhan para perempuan di Lapas Wamena. Kami tetap berdayakan perempuan meski mereka sedang menjalani masa tahanan," ujarnya.

"Kami akan memprioritaskan Lapas ini mengingat kondisi beberapa tempat yang belum maksimal ditambah lagi di Wamena tidak ada Lapas khusus perempuan. Saya akan berkoordinasi langsung dengan menteri terkait untuk dapat membantu pengadaan sarana dan prasarana yang lebih layak di Lapas ini," katanya. (*)
 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Kepala kampung sebut pencairan DAK tidak sah

Selanjutnya

KPK akan berkunjung ke Wamena

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe