Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. DKPP periksa sejumlah teradu pilkada Jayapura
  • Jumat, 18 Agustus 2017 — 18:11
  • 996x views

DKPP periksa sejumlah teradu pilkada Jayapura

Para penyelenggara pemilu tersebut diadukan Arsi Divinubun, kuasa hukum Ireneus Liku Wattan Bolly yang merupakan Tim pemenangan paslon Bupati dan Wakil Bupati Jayapura nomor urut 1, Yanni-Zadrak Afasedanya.
Suasana pemeriksaan para penyelenggara pemilu oleh DKKP di Kantor KPU Papua, Jumat (18/8/2017) - Jubi/Arjuna
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Anggota DKPP Prof Muhammad dan Ida Budhiati bersama Tim Pemeriksa Daerah, Ferry Kareth serta Hilda memeriksa sejumlah penyelenggara pemilu di Kantor KPU Papua, Jumat (18/8/2017).

Para penyelenggara pemilu tersebut diadukan Arsi Divinubun, kuasa hukum Ireneus Liku Wattan Bolly yang merupakan Tim pemenangan paslon Bupati dan Wakil Bupati Jayapura nomor urut 1, Yanni-Zadrak Afasedanya.

Sebanyak 33 penyelenggara pemilu yang diadukan lantaran diduga melanggar kode etik, namun hanya beberapa di antaranya menghadiri pemeriksaan.  

Divisi Teknis KPUD Jayapura, Fred H Sorontau dalam keterangannya membantah tuduhan pengadu. Ia mengatakan, pengaduan tersebut tidak sesuai fakta, karena selama tahapan pihaknya mengawal pelaksanaan pilkada hingga ada rekomendasi panwas kawal dan pihaknya diberhentikan sementara oleh DKPP. 

"Kami bekerja sesuai asas pemilu kepada semua pasangan calon. Tidak benar kalau kami bekerja tidak sesuai aturan," kata Fred H Sorontau. 

Fred juga membantah tuduhan pengadu yang menyebut pihaknya tidak menyediakan Form C1 KWK berhologram dan mengisi Form C1 KWK yang harusnya dilakukan KPPS. 

"Tidak benar kami isi Form C1 di sekertariat karena semua logistik yang dibawa ke KPU dicek ulang apakah sudah lengkap atau ada yang kurang. Logistik itu terkunci dan kuncinya dipegang Ketua PPD," kata Fred menjawab pertanyaan Ida Budhiati.

Bantahan yang sama disampaikan empat ketua DPP yang hadiri dari 11 yang menjadi teradu. 

"Yang kami terima Form C1 berhologram dan kami distribusi ke KPPS. Sampai pleno distrik semua berjalan baik. C1 hologram semua ada dan setelah kami rekap, kami kembalikan ke KPU. Kalau tidak berhologram, tidak mingkin kami rekap," kata ketua PPD Sentani Barat,  Albertho Sepnat Banundi dalam keterangannya. 

Sementara enam panwas distrik yang hadir dari 16 dalam pemeriksaan, tidak dapat memberikan keterangan ketika Anggota Ida Budhiati bertanya terkait beredarnya foto para panwas distrik bersama salah satu pasangan calon, sambil mengacungkan jari yang menjadi nomor urut pasangan calon itu.

Salah satu panwas distrik mengatakan, ia bersama lima rekannya yang hadir tidak dapat menjawab pertanyaan itu lantaran tidak ada dalam foto tersebut.

"Mungkin pawas distrik yang tidak hadir yang dapat menjelaskan hal itu," kata salah satu panwas distrik.

Komisoner Bawaslu Papua, Anugrah Pata yang juga hadir bersama rekannya Yacob Paisei dan Ketua Bawaslu Papua, Fegie Wattimena sebagai teradu menyatakan, ketika menerima laporan, pihaknya langsung mengundang pelapor dan terlapor untuk mengklarifikasi.

"Berdasarkan keterangan terlapor dan pelapor, kami melakukan kajian dan menilai, ini lebih kepada administrasi. Kami sepakat dalam pleno, ini pelanggaran administrasi dan sudah ditindaklanjuti Panwas dengan memasukkan empat TPS di Gresi Selatan untuk PSU," kata Anugrah.

Katanya, Bawaslu Papua sudah menindaklanjuti apa yang diajukan pelapor. Tidak ada pembiaran dan pihaknya menolak aduan tersebut. Hasil pemeriksaan kepada para teradu akan dibahas oleh DKPP di Jakarta dan keputusan akan diambil melalui rapat pleno. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Tragedi Deiyai berdarah, Papua : SPKRD akan gelar aksi Senin depan

Selanjutnya

Kapolres Jayawijaya: JNE dua kali loloskan sabu-sabu

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe