Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Pelni buka rute baru Kupang Papua
  • Selasa, 22 Agustus 2017 — 14:20
  • 1822x views

Pelni buka rute baru Kupang Papua

PT Pelayaran Indonesia (Pelni) membuka rute baru dengan KM. Sirimau Kupang (NTT) menuju Papua. Rute baru ini dibuka untuk memenuhi permintaan masyarakat NTT di Papua dan sebaliknya, yang sudah beberapa tahun terakhir mengharapkannya.
KM Siriamau yang akan melayari rute Kupang Papua - IST
ANTARA
Editor : Dewi Wulandari
LipSus
Features |
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 15:14 WP
Features |
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 15:38 WP
Features |
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 09:47 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Kalabahi – Alor, Jubi/Antara - PT Pelayaran Indonesia (Pelni) membuka rute baru dengan KM. Sirimau Kupang (NTT) menuju Papua. Rute baru ini dibuka untuk memenuhi permintaan masyarakat NTT di Papua dan sebaliknya, yang sudah beberapa tahun terakhir mengharapkannya.

"Pembukaan rute baru ini adalah bagian dari memenuhi permintaan masyarakat khususnya konsumen Pelni yang berada di Papua dan NTT," kata Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni, O.M. Sodikin, usai secara resmi membuka rute tersebut di Kalabahi, Kabupaten Alor, NTT, Selasa (22/8/2017) dini hari.

Ia mengatakan permintaan dari masyarakat ini memang sudah sangat lama. Sebab menurutnya beberapa tahun lalu sempat ada jalur Kupang (NTT) ke Papua. Namun hal tersebut terhenti dan ditutup jalurnya karena kurangnya penumpang baik dari Kupang-Papua maupun sebaliknya.

Sodikin mengaku pembukaan kembali rute Kupang-Papua ini sebenarnya sudah bisa direalisasikan sebelum bulan puasa, namun karena pihak Direksi Pelni masih fokus untuk pelayanan arus mudik maka baru bisa direalisasikan saat ini.

"Terkait pembukaan rute Kupang-Papua ini sebenarnya sudah dilakukan pertemuan yang sangat intensif. Namun karena waktu itu kami masih fokus untuk arus mudik maka baru kami realisasikan saat ini," ujarnya.

Sebelumnya, lanjut Sodikin, KM. Sirimau yang sebelumnya mempunyai rute Surabaya-Kupang-Merauke, saat ini berubah lagi jalurnya. Sehingga dari Kupang, KM. Sirimau yang mampu menampung 1.000 penumpang itu bisa mencapai Sorong dan Nabire.

"Jadi pada intinya kapal ini bisa melayani dari Kupang itu menuju ke Papua Utara dan Papua Selatan. Jadi yang dari Kupang yang lewat Ambon bisa langsung ke Sorong-Nabire," tuturnya.

Kemudian juga dari Kupang-Lewoleba-Tual, Dobo, Fak-Fak, dan sampai ke Merauke baru kembali lagi ke Kupang.

Ketua Komisi V DPR RI, Fary Djemi Francis, yang membindangi masalah perhubungan dan infrastruktur mengaku mengapresiasi keputusan yang diambil oleh Pelni yang kembali membuka rute tersebut untuk membantu arus penumpang di wilayah Indonesia bagian timur yang juga atas izin dari Kementerian Perhubungan.

"Jadi ini harapan dari masyarakat Papua dan Maluku yang ada di NTT dan sebaliknya sudah bisa menikmati permintaan mereka selama ini," tuturnya.

Fary mengaku dalam empat bulan terakhir ini banyak sekali yang bertemu dengannya dan minta agar rute tersebut segera direalisasikan sehingga dapat membantu masyarakat yang ingin kembali ke NTT dan sebaliknya jika memasuki musim libur. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Mereka minta PBB turun tangan untuk kasus Deiyai

Selanjutnya

Kongres Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) I sukses bentuk pengurus periode 2017-2020

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe