Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Penkes
  3. Baru dua kabupaten integrasikan program JKN-KIS 
  • Selasa, 22 Agustus 2017 — 16:57
  • 646x views

Baru dua kabupaten integrasikan program JKN-KIS 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Mathias Krey, mengungkapkan dari delapan dan satu kota yang merupakan wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, baru Kabupaten Keerom dan Kabupaten Mimika yang mendaftarkan dan mengintegrasikan penduduknya ke dalam program JKN-KIS. 
Konferensi pers BPJS Kesehatan, di Aula Kantor BPJS Kesehatan Jayapura, Selasa (22/8/2017) - Jubi/Sindung 
Sindung Sukoco
sindung@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Mathias Krey, mengungkapkan dari delapan dan satu kota yang merupakan wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, baru Kabupaten Keerom dan Kabupaten Mimika yang mendaftarkan dan mengintegrasikan penduduknya ke dalam program JKN-KIS. 

"Untuk kabupaten lain diprediksikan akan mendaftarkan dan mengintegrasikan masyarakatnya dalam program JKN-KIS akhir Desember mendatang melalui APBD kabuapaten masing-masing," ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Mathias Krey, kepada wartawan, saat Konferensi  pers, di Aula BPJS Kesehatan, Selasa (22/8/2017). 

Hingga 30 Juni 2017, jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Jayapura mencapai 1.260.625 jiwa. Termasuk didalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh Pemerintah Kabupaten Mimika sebanyak 59.131 jiwa dan Pemerintah Kabupaten Keerom sebanyak 2.936 Jiwa.

Krey mengungkapkan pencapaian kinerja program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jayapura yang mencakup Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Sarmi, Jayapura, Keerom, Puncak Jaya, Pegunungan Bintang, Mamberamo Raya, dan Puncak terus mengalami peningkatan. 

Krey menyebut pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Saat ini Kantor Cabang Jayapura telah bermitra dengan 186 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 117 puskesmas, 33 dokter praktik perorangan, sembilan dokter praktik gigi perorangan, dan delapan klinik pratama.

"Semester pertama 2017, BPJS Kesehatan Cabang Jayapura juga telah bekerja sama dengan 26 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 15 Rumah Sakit, lima apotek, serta enam optik," ujarnya.

Iapun berharap pemerintah daerah juga komitmen untuk menyukseskan Program JKN-KIS dalam bentuk pembiayaan serta perluasan akses pelayanan melalui penyediaan fasilitas kesehatan.

“Kedepan kami harapkan peran pemerintah daerah juga makin dioptimalkan baik dari sisi kualitas dan mutu pelayanan kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat, bersama-sama memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN-KIS, serta cakupan kepesertaan yang makin luas sehingga dapat terwujudnya Universal Health Coverage atau cakupan semesta di tahun 2019," tambahnya.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk dapat memenuhi target tersebut. 

"Masyarakat yang sebelumnya dapat melakukan pendaftaran di kantor cabang, kantor layanan operasional kabupaten/kota, website, dan bank mitra yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, kini pendaftaran dapat juga dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400," lanjutnya.

Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Bertrand Tupan, mengungkapkan pemanfaatan kartu JKN KIS hingga semester 1 tahun 2017 telah mencapai kurang lebih 257.700 kali. 

BPJS Kesehatan tak hanya terus melakukan upaya perluasan akses kesehatan yang lebih mudah akan tetapi juga mengembangkan pendaftaran melalui sistem Dropbox di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, kantor kelurahan, dan kantor distrik, pendaftaran melalui ”OB/mitra keria BPJS Kesehatan, melalui kader JKN, serta pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN.

“Pendaftaran melalui mitra juga tengah dikembangkan dengan membuka Point of Service di pusat perbelanjaan seperti mall dan tempat perbelanjaan lainnya," tegasnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Musikalisasi puisi dorong pemahaman sastra

Selanjutnya

Himpunan Mahasiswa Lanny Jaya data anggota masuk asrama

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe