Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Pendamping koperasi dan UKM diminta jeli lihat peluang
  • Selasa, 22 Agustus 2017 — 17:23
  • 321x views

Pendamping koperasi dan UKM diminta jeli lihat peluang

Staf Ahli Gubernur Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia, Anni Rumbiak mengatakan Pemprov Papua berkomitmen dan terus berupaya untuk menumbuhkan ekonomi rakyat melalui koperasi dan UKM.
Staf Ahli Gubernur Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia, Anni Rumbiak saat berjabat tangan dengan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty - Jubi/Alex
Editor :

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meminta para pendamping koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) jeli melihat peluang, guna menjawab persoalah ekonomi yang dihadapi rakyat Papua saat ini.

Staf Ahli Gubernur Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia, Anni Rumbiak mengatakan Pemprov Papua berkomitmen dan terus berupaya untuk menumbuhkan ekonomi rakyat melalui koperasi dan UKM.

"Untuk wujudkan itu, Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil), Gerakan Koperasi dan Dunia Usaha harus bergandengan tangan dan sinergi dalam menggeluti persoalan ekonomi yang dihadapi rakyat Papua saat ini," kata Anni kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (22/8/2017).

Menurut ia, salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam wujudkan perekonomian yang baik, dengan memerintahkan instansi teknis melakukan pembinaan kepada para tenaga pendamping koperasi dan UKM, serta fokus pada sektor yang dibina.

Sebab lanjutnya, potensi sumber daya di daerah melimpah dan dapat dimanfaatkan karena  memiliki nilai ekonomis serta nilai tambah bagi pendapatan ekonomi rumah tangga, keluarga, kelompok dan lembaga yang di daerah.

"Papua memiliki berbagai kekayaan alam melimpah yang merupakan anugerah Tuhan dan harus diolah, diproduksi dan dipasarkan yang akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor kehidupan," ucapnya.

Untuk itu, kata Anni, dalam rangka mewujudkan kualitas ekonomi rakyat di era Otsus, diperlukan dukungan semua pihak dan seluruh lapisan masyarakat sehingga melalui program pemerintah yaitu Prospek keseluruh kampung se Papua, kesejahteraan dapat benar-benar terwujud.

"Seperti halnya program pembangunan ekonomi kerakyatan, yang banyak bergerak di sektor riil dalam mengelola potensi lokal," kata Anni.

Secara terpisah, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty mengatakan keberadaan potensi lokal yang ada di Papua harus di desain secara baik, khususnya soal promosi ke luar Papua.

"Kalau produk-produk kita kelola dengan baik, tetapi tidak dipromosi maka sama saja tidak akan berkembang," kata Elia.

Disamping promosi, ujar ia, yang juga perlu dilihat dan dikembangkan lagi adalah soal kemasan. Hal ini dirasa perlu sehingga bisa menjadi buah tangan (oleh-oleh) khas Papua yang menarik di setiap orang yang berkunjung ke Papua.

"Untuk itu, mari pikirkan pemasaran dengan menyiapkan tempat atau mendesain produk tersebut agar bisa diminati oleh masyarakat dari luar Papua yang berkunjung," tutupnya. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Kementerian Pertahanan survei perilaku prajurit TNI

Selanjutnya

Tingkatkan daya serap, SKPD diminta lakukan penagihan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe