Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Lapago
  3. BPJS Wamena: 862.443 jiwa di tujuh kabupaten miliki JKN-KIS
  • Selasa, 22 Agustus 2017 — 20:06
  • 587x views

BPJS Wamena: 862.443 jiwa di tujuh kabupaten miliki JKN-KIS

Menurutnya, pertumbuhan jumlah peserta diiringi pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang saling bekerjasama yaitu 103 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), serta 2 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), yang terdiri atas 2 Rumah Sakit  2 Apotek, serta 1 Optik.
BPJS Kesehatan cabang Wamena saat menggelar konferensi pers tentang capaian kinerja-Jubi/Islami
Islami Adisubrata
islami@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Wamena, Jubi - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Wamena mengklaim, pencapaian kinerja mencangkup beberapa kabupaten seperti Jayawijaya, Lanny Jaya, Nduga, Tolikara, Yahukimo, Yalimo dan Mamberamo Tengah sampai dengan 30 Juni 2017, jumlah peserta telah mencapai 862.443 jiwa.

"Termasuk di dalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JKN-KIS oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lanny Jaya melalui program JKN-PBI Daerah Lanny Jaya, sebanyak 15.000 jiwa, Pemerintah Daerah Nduga melalui program JKN-PBI Daerah Nduga, sebanyak 4830 jiwa," kata Kepala BPJS Wamena, Djamal Ardiansyah kepada wartawan di Wamena, Selasa (22/8/2017).

Menurutnya, pertumbuhan jumlah peserta diiringi pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang saling bekerjasama yaitu 103 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), serta 2 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), yang terdiri atas 2 Rumah Sakit  2 Apotek, serta 1 Optik.

"Selain komitmen dalam bentuk pembiayaan serta perluasan akses pelayanan melalui penyediaan fasilitas kesehatan, ke depan kami harapkan peran pemerintah daerah makin optimalkan baik dari sisi kualitas dan mutu pelayanan kesehatan, sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat," katanya.

Sementara untuk tingkat nasional, 70 persen penduduk Indonesia sudah memiliki JKN-KIS.

"Secara nasional, jumlah masyarakat yang mengikuti program JKN-KIS mencapai 180 juta jiwa, atau lebih dari 70 persen dari jumlah proyeksi penduduk Indonesia di 2017," kata Djamal.

Berdasarkan laporan audit akhir tahun 2016 menurut dia, pemanfaatan kartu BPJS Kesehatan secara nasional sebanyak 177,8 juta kunjungan ke fasilitas kesehatan.

"Total pemanfaatan di 2016 ini terdiri dari kunjungan ke fasilitas kesehatan tingkat pertama, seperti puskesmas, klinik pratama, dan dokter praktek perorangan mencapai sekitar 120,9 juta kunjungan, untuk rawat jalan di poliklinik dan rumah sakit sebanyak 49,3 juta, dan rawat inap 7,6 juta," katanya.

Menurut dia, komitmen pemerintah dalam keberlangsungan Program JKN-KIS terwujud, melalui penyediaan APBN dalam bentuk iuran bagi 92.4 juta jiwa peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan pemenuhan ketersediaan fasilitas kesehatan.

"Dari mana sumber APBN tersebut, tentu salah satunya dari pajak," katanya.

Ia menjelaskan implementasi program JKN-KIS yang baru tiga setengah tahun berjalan itu, selain berdampak baik terhadap pelayanan kesehatan masyarakat, juga terhadap perekonomian.

"Menurut peneliti dari Universitas Indonesia, kontribusi JKN-KIS terhadap perekonomian Indonesia di tahun 2016 sebesar 152,2 triliun dan di tahun 2021 bisa mencapai 289 triliun. Program ini meningkatkan angka harapan hidup masyarakat Indonesia sampai 2,9 tahun," katanya.

Sementara kepala bidang penjaminan manfaat primer, Dian Novita mengaku bahwa untuk di Jayawijaya, dalam input data pasien yang berobat di setiap Puskesmas, masih terkendala dengan jaringan.

“Jadi, hanya Puskesmas Wamena kota yang sering melakukan pendataan jumlah pasien, sedangkan Puskesmas lain masih terkendala jaringan sehingga laporannya disampaikan ke BPJS terkadang terlambat, tidak dilakukan per hari,” kata Dian Novita. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

KPK beri perhatian khusus dana kampung di Papua

Selanjutnya

KPK minta Inspektorat berperan lebih efektif

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe