Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Kongres Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) I sukses bentuk pengurus periode 2017-2020
  • Rabu, 23 Agustus 2017 — 04:52
  • 1055x views

Kongres Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) I sukses bentuk pengurus periode 2017-2020

Pada kongres yang mengusung tema Menuju Media Siber Profesional, Kredibel dan Independen tersebut, Kalla mengatakan, dengan kecepatan yang dinilai menjadi sangat penting, diperlukan informasi yang objektif dan luas.
Ketua Umum AMSI terpilih, Wenseslaus Manggut (kanan) berjabat tangan dengan A. Sapto Anggoro sebagai Ketua Badan Pertimbangan dan Pengawas Organisasi - Jubi/Victor Mambor
Admin Jubi
redaksionline@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jakarta, Jubi - Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Selasa (22/8/2017) membuka kongres pertama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), yang diharapkan mampu menghadirkan informasi kepada masyarakat secara objektif dan benar.

Dikutip Kantor Berita Antara, dalam sambutannya, Kalla mengatakan bahwa saat ini dunia berjalan cepat, terlebih untuk penyampaian informasi ke seluruh penjuru negeri dengan adanya komputer dan konekai internet.

"Dahulu, surat kabar konvensional masih harus rapat redaksi untuk menentukan mana yang baik dan tidak. Sekarang, anda takut kalah cepat dengan yang lain. Jadi bukan lagi konten berita yang penting, tapi kecepatan," kata Kalla, di Jakarta, Selasa.

Pada kongres yang mengusung tema Menuju Media Siber Profesional, Kredibel dan Independen tersebut, Kalla mengatakan, dengan kecepatan yang dinilai menjadi sangat penting, diperlukan informasi yang objektif dan luas.

"Karena itu, objektivitas dan spirit anda untuk persatuan (harus diutamakan)," ujar Kalla.

Menurut Kalla, perubahan yang sangat cepat tersebut juga mempengaruhi keberadaan media di dunia. Media tidak lagi menyampaikan apa saja yang telah terjadi kemarin, namun apa juga kejadian yang tengah terjadi saat itu juga.

Menurut Kalla, media siber saat ini memberikan banyak pengaruh terhadap opini masyarakat khususnya di Indonesia. Diharapkan, informasi yang disampaikan kepada masyarakat merupakan informasi yang akurat dan benar.

Kongres yang berlangsung satu hari penuh ini kemudian memilih Wenseslaus Manggut sebagai Ketua Umum AMSI pertama untuk periode 2017-2020. Selain pemilihan Ketua Umum AMSI, forum Kongres juga secara aklamasi memilih A. Sapto Anggoro sebagai Ketua Badan Pertimbangan dan Pengawas Organisasi. Anggota yang terpilih adalah Dwi Eko Lokononto dari Beritajatim.com, Hery Trianto dari Bisnis.com, Iin Yumiyanti dari Detik.com, dan Victor Mambor dari Tabloidjubi.com.

Kongres juga memilih Majelis Etik. Majelis terdiri dari Mohamad Teguh dari Liputan6.com, Eko Maryadi dari Independen.id, Nezar Patria dari Thejakartapost.com, dan mantan Direktur LBH Pers Hendrayana Yahya.

Selain memilih pengurus, Kongres juga mengeluarkan dua rekomendasi penting yang menjadi konsen para pelaku dunia media siber. Rekomendasi itu adalah AMSI menyatakan perang melawan hoax, berita bohong, dan berita fitnah. AMSI juga mendorong Dewan Pers melakukan percepatan verifikasi media menjelang 2019, yang merupakan tahun politik.

Saat ini, AMSI beranggotakan 180 media dan terus bertambah hingga sekitar 300 media dari 17 provinsi. AMSI diresmikan pada tanggal 18 April 2017 di Dewan Pers dengan tujuan menyehatkan media di dunia digital di Indonesia khususnya pemberitaan hoax. (*)

loading...

Sebelumnya

Pelni buka rute baru Kupang Papua

Selanjutnya

Pemerintah tetapkan harga eceran tertinggi beras

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe