Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Pasifik
  3. Agar berguna, informasi kerjasama regional di Pasifik harus jelas
  • Rabu, 23 Agustus 2017 — 07:33
  • 532x views

Agar berguna, informasi kerjasama regional di Pasifik harus jelas

Untuk bisa mengambil keputusan yang tepat tentang apakah sebuah negara perlu terlibat dalam kegiatan regional, perlu ada informasi yang menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.
Para Menteri Ekonomi Pasifik di Forum Economic Ministers’ Meeting. – MFEM Kepulauan Cook
Pacific Islands Report
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Zely Ariane

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Port Vila, Vanuatu, Jubi -Tess Cain mengunjungi Fiji pada minggu pertama bulan April tahun ini untuk proyek bersama ANU/USP (Australian National University dan University of South Pacific). Dalam kunjungan ini muncul pemikiran dan diskusi tentang karakter regionalisme di Pasifik.

Regionalisme topik yang rumit. Sebagian orang menganggapnya membosankan. Kalau saudara benci singkatan, regionalisme perlu dihindari. Istilah ‘regionalisme’ bisa memiliki arti yang beragam bagi orang-orang.

Bagi sebagian orang, regionalisme adalah soal hubungan dagang, orang lain memikirkan keamanan, dan orang lain lagi memikiran tentang layanan terpadu.

Tapi reaksi paling umum ketika memikirkan regionalisme Pasifik mungkin adalah rasa frustrasi. Di tingkat nasional, para pembuat kebijakan dan politikus mengatakan bahwa rasa frustrasi ini lantaran organisasi regional tidak menawarkan apapun yang bisa membantu agenda mereka di dalam negeri. Di dalam struktur-struktur regional, para pejabat mengeluh bahwa para delegasi hanya memikirkan isu-isu nasional.

Apakah ini lantas berarti bahwa semua ini harus kita akhiri? Salah satu ciri khas regionalisme di Pasifik adalah sifatnya yang sukarela. Tidak ada tawar-menawar politik layaknya hubungan antara negara-negara anggota Uni Eropa saat ini.

Tidak ada Parlemen Pasifik yang bisa menghasilkan hukum atau ketentuan yang mengikat bagi negara-negara anggota. Regionalisme Pasifik lebih mirip perkumpulan yang keanggotaannya sukarela.

Karenanya, apabila Vanuatu (atau negara Pasifik lainnya) tidak mau ambil bagian dalam proyek regional, mereka tidak harus ikut. Para pejabatnya tidak perlu ikut rapat, demikian juga para menteri, dan warga negara tidak perlu memikirkan biaya keanggotaan di berbagai badan regional.

Tapi negara-negara Pasifik masih saja menjadi anggota, masih mengirim pejabat dan menteri ke rapat-rapat regional (seperti Forum Economic Ministers’ Meeting) dan masih tetap berkontribusi membiayai regionalisme dan perangkat-perangkatnya.

Bila negara-negara ini akan tetap menjadi anggota, bagaimana caranya lanskap yang ada bisa diubah agar rasa frustrasi ini bisa dikurangi dan kesempatan yang ada lebih mudah dikenali dan ditindaklanjuti?

Titik tolak yang tepat adalah informasi. Di tingkat nasional, warga negara perlu diberi lebih banyak informasi tentang organisasi-organisasi regional yang ada dan makna keberadaan serta kegiatan mereka bagi warga negara.

Informasi ini harus lebih dari sekedar pernyataan ‘ini hanya buang-buang waktu’. Ia harus menjelaskan prioritas yang diputuskan di tingkat regional dan sejauh apa tindak lanjut dari putusan-putusan ini. 

Framework for Pacific Regionalism itu apa? Apa fungsi dari Pacific Islands Trade and Invest do? Apa dampak dari penandatangan PACER Plus atau pengunduran diri darinya?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut penting untuk dijawab, baik di tingkat nasional maupun regional. Kumpulan pertanyaan di atas mencerminkan putusan yang diambil para pemimpin politik dan pengerjaannya menguras tenaga para pejabat negara. Untuk bisa mengambil keputusan yang tepat tentang apakah sebuah negara perlu terlibat dalam kegiatan regional, perlu ada informasi yang menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Perwakilan dari organisasi-organisasi regional ini perlu melibatkan atau berkomunikasi dengan media nasional ketika mereka mengunjungi negara anggota. Kita berharap bahwa media-media nasional bertanya pada organisasi-organisasi ini tentang aktivitas mereka dan mengapa Vanuatu (dan negara Pasifik lain) perlu turut serta dalam aktivitas ini, mengapa ia penting atau relevan bagi negara-negara anggota.

Lebih lagi, mereka yang mewakili negara-negara Pasifik dalam forum-forum regional perlu lebih paham akan makna dari kerjasama regional. Kerjasama regional tidak diperlukan dalam semua situasi atau untuk semua bidang.

Tapi ada beberapa situasi di mana bekerja bersama sangat berguna sebagai contoh dalam mengakses bantuan untuk menangani pemanasan global, atau dalam berbagi biaya promosi wilayah Pasifik sebagai tujuan wisata.

Mereka yang terlibat dalam pengambilan keputusan di tingkat regional harus tahu pasti posisi nasional sebuah negara dalam isu-isu tertentu, ini tidak dapat dibantah. Tapi mereka juga harus mengembangkan kepekaan terhadap potensi yang ada dari bekerja sama di tingkatan regional.

Mereka perlu memberikan saran dan umpan balik kepada organisasi-organisasi seperti Pacific Islands Forum Secretariat tentang apa yang perlu mereka lakukan untuk mengembangkan potensi dari kerjasama ini.

Ada kekhawatiran yang serius dan berkelanjutan tentang karakter regionalisme di Pasifik, dan kekhawatiran ini masuk akal. Demikian juga para politikus dan pembuat kebijakan juga memiliki masalah dalam negeri yang lebih penting daripada sekedar memikirkan apa yang perlu dilakukan di tingkat regional.

Tapi kenyataannya adalah negara-negara Pasifik sudah masuk dalam perkumpulan ini secara sukarela, dan karena mereka telah kadung masuk di dalamnya, maka sangat penting untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.(L.J. Giay)

*Ditulis oleh Tess Newton Cain, seorang penulis artikel dan konsultan soal isu-isu Pasifik

loading...

Sebelumnya

Sekolah di Penama minta pemerintah larang ponsel pintar

Selanjutnya

WHO sarankan Fiji tingkatkan manajemen medis

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe