Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Domberai
  3. Penelitian kesehatan hiu paus pertama di dunia
  • Rabu, 23 Agustus 2017 — 11:43
  • 667x views

Penelitian kesehatan hiu paus pertama di dunia

Sebanyak 26 ekor hiu paus di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua Barat dinilai kesehatannya oleh ilmuwan dan pakar dari Amerika Serikat selama kurun waktu 25 Juli hingga 5 Agustus 2017 lalu.
Hiu paus, spesies yang menjadi obyek penelitian - IST
Florence Niken
gendis2005.soebroto@gmail.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Sorong, Jubi - Sebanyak 26 ekor hiu paus di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua Barat dinilai kesehatannya oleh ilmuwan dan pakar dari Amerika Serikat selama kurun waktu 25 Juli hingga 5 Agustus 2017 lalu.

Melalui release yang dikirim terungkap bahwa selain diperiksa kesehatannya, para peneliti juga berhasil memasang 7 penanda satelit dan 4 penanda akustik pada hiu paus.

Kemajuan penelitian ini memiliki implikasi yang signifikan untuk menyelidiki misteri kesehatan seputar hiu paus, termasuk potensi dampak pariwisata serta interaksi manusia lainnya terhadap kesehatan hiu paus. 

Hal ini dapat memberikan informasi lebih dalam pengembangan kebijakan konservasi di masa akan datang, untuk melindungi dan menjaga stablilitas populasi hiu paus di Indonesia secara khusus di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua Barat.

Penelitian kesehatan ini terbilang sulit, bahkan awalnya dinilai hampir mustahil untuk dilaksanakan, karna sampai sekarang para peneliti belum menemukan cara untuk mengkondisikan hiu paus dalam lingkungan terkontrol untuk selanjutnya dilakukan pengambilan sampel.

Namun di tahun 2014, tim dari Balai Besar Taman Nasional Teluk Cendrawasih (BBTNTC), UNIPA, KKP, dan CI Indonesia, menemukan bahwa hiu paus di Taman Cendrawasih yang seringkali tertangkap secara tidak sengaja oleh jaring nelayan bagan, justru terlihat cukup tenang saat tertangkap dan seringkali justru terdiam didasar jaring menunggu untuk dikeluarkan.

Fenomena inilah yang dimanfaatkan tim peneliti dari CI Indonesia untuk memasang penanda satelit sembari mengambil sampel yang diperlukan bagi penilaian kesehatan hiu paus.

"Situasi unik di Teluk Cendrawasih memberi para peneliti kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Penelitian kesehatan ini dirancang untuk memberi informasi yang rinci terkait dampak ekosistem maupun penelitian yang selama ini dilakukan terhadap kesejahteraan hiu paus. Penelitian kesehatan terhadap hiu paus liar ini merupakan kali pertama kali dilakukan di dunia. Karena itu data yang didapatkan akan menjadi acuan seluruh peneliti di dunia termasuk acuan bagi pemerintah Indonesia dalam pengelolaan ekowisata hiu paus secara berkelanjutan dengan cara yang bermanfaat bagi masyarakat pesisir tanpa memberi dampak negatif bagi kesejahteraan masyarakat," urai Ketut Putra, Vice President Conservation International Indonesia.

Terkait penelitian yang telah dilaksanakan ini, Dr. Selvy Tebay, wakil rektor UNIPA bidang kesejahteraan yang juga seorang peneliti bidang perikanan menyampaikan bahwa penelitian aspek kesehatan hiu paus merupakan penelitian perdana yang dilakukan UNIPA bersama mitra. Sementara studi lain seperti pemasangan tag dan pengembangan wisata hiu paus telah dilakukan.

"Harapannya tentu saja melalui penelitian kesehatan ini, UNIPA dapat mengembangkan kapasitas keahlian dalam bidang konservasi marine spesies termasuk pentingnya ilmu kesehatan hiu paus untuk mendukung pengelolaan spesies tersebut di Indonesia," ujar Selvy Tebay.

Penelitian ini sendiri merupakan kolaborasi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Balai Besar Taman Nasional Teluk Cendrawasih (BBTNTC), Universitas Papua (UNIPA), Conservation International (CI), dan Georgia Aquarium - Amerika Serikat. (*)

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Ratusan Brimob Jatim-Sumsel tiba di Sorong

Selanjutnya

Gubernur Papua Barat lantik tiga kepala daerah wilayah Sorong Raya

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe