Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Anim Ha
  3. Dinas Pertanian Provinsi diingatkan tidak kurangi kuota pupuk Merauke
  • Rabu, 23 Agustus 2017 — 15:38
  • 509x views

Dinas Pertanian Provinsi diingatkan tidak kurangi kuota pupuk Merauke

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Fransiskus Sirfefa, mengingatkan kepada Dinas Pertanian Provinsi Papua agar tidak mengurangi jatah pupuk bagi petani di Merauke. Karena dari tahun ke tahun, perluasan lahan pertanian terus dilakukan.
Salah seorang warga sedang berdialog dengan Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Fransiskus Sirfefa – Jubi/Frans L Kobun
Ans K
frans@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Merauke, Jubi - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Fransiskus Sirfefa, mengingatkan kepada Dinas Pertanian Provinsi Papua agar tidak mengurangi jatah pupuk bagi petani di Merauke. Karena dari tahun ke tahun, perluasan lahan pertanian terus dilakukan.

Hal itu disampaikan Sirfefa kepada Jubi, Rabu (23/8/2017).

Dikatakan, Presiden Joko Widodo, telah mencanangkan Kabupaten Merauke sebagai lumbung pangan nasional.  Karenanya, infrastruktur pertanian termasuk ketersediaan pupuk harus selalu tersedia. Sementara yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir adalah petani di kampung-kampung terus  berteriakan kelangkaan pupuk bersubsidi.

Sebagai tindak-lanjut terhadap keluhan petani, lanjut Sirfefa, Komisi B DPRD Kabupaten Merauke, telah melakukan sidak di dua distributor yang dipercayakan sebagai penyuplai pupuk kepada para petani.

“Saya belum mendapatkan laporan secara tertulis dari Komisi B terkait hasil sidak yang dilakukan di distributor. Tetapi jelasnya, Dewan sangat meresponi dengan cepat keluhan petani,” katanya.

Dikatakan, selain telah ada pertemuan bersama pejabat dari Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, pihaknya juga segera turun ke kampung-kampung terutama di lokasi yang menjadi sentra produksi pertanian sekaligus mendengar keluhan petani.

“Itu sudah diagendakan dan dalam waktu tidak terlalu lama. Kami akan ke kampung melakukan dialog bersama masyarakat mendengar kelangkaan pupuk yang terjadi,” tuturnya.

Sekretaris Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Romanus Sujatmiko, mengatakan jatah pupuk yang diusulkan ke pusat melalui provinsi adalah 34 ribu ton. Namun yang direalisasikan hanya sekitar 7 ribu ton.

“Bagaimana mungkin bisa mencukupi kebutuhan bagi para petani. Sementara luasan lahan yang dibuka terus mengalami peningkatan. Kami sudah menanyakan ke provinsi terkait jatah pupuk tersebut, namun kurang diresponi dengan baik,” tuturnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Ahnan Rosyadi satu satunya anggota DPRD Merauke yang tolak mobil dinas

Selanjutnya

Pembukaan lahan pertanian tahun ini melebihi target

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe