Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Domberai
  3. Pembangunan bandara Manokwari Selatan mulai tahun ini
  • Rabu, 23 Agustus 2017 — 16:06
  • 1351x views

Pembangunan bandara Manokwari Selatan mulai tahun ini

Bupati Manokwari Selatan Markus Waran mengungkapkan pemerintah pada tahun 2017 ini akan memulai pembangunan landas pacu Bandar Udara Abresso Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat.
Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran (bertopi) - IST
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Manokwari, Jubi/Antara - Bupati Manokwari Selatan Markus Waran mengungkapkan pemerintah pada tahun 2017 ini akan memulai pembangunan landas pacu Bandar Udara Abresso Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat.

Markus Waran, di Manokwari, Rabu (23/8/2017), mengatakan pemerintah akan membangun landas pacu bandara tersebut sepanjang 3.000 meter. Dalam waktu dekat pembangunan akan dimulai.

"Izin prinsipnya sedang dalam proses, tinggal menunggu tanda tangan Menteri Perhubungan. Setelah izin keluar pembangunan akan langsung star," kata Markus.

Dia menjelaskan pembangunan Bandara Abresso akan mendorong konektivitas antara Manokwari Selatan dengan daerah-daerah lain melalui jalur udara.

Sebagai bandara transit, bandara tersebut akan menghubungkan Manokwari Selatan, Teluk Bintuni, Pegunungan Arfak, dan daerah-daerah lain di Papua dan Papua Barat.

Markus mengatakan Bandara Abresso mempunyai potensi besar untuk dikembangkan menjadi bandara berkelas internasional. Selain memiliki kesiapan lahan, aspek keamanan dan keselamatan di lokasi bandara tersebut cukup mendukung.

"Kami sudah menghibahkan 600 hektare lahan untuk pengembangan bandara. Di situ nanti akan ada dua terminal, untuk cargo kita memanfaatkan bandara lama, yang baru akan dibangun ini untuk bandara utama," katanya.

Dia menambahkan lepas landas di bandara baru bisa dilakukan dari arah selatan dan arah utara. Bandara tersebut cukup strategis untuk dikembangkan.

Markus berpandangan wilayah Manokwari Raya yang meliputi Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, dan Teluk Wondama bisa berkembang pesat jika seluruh kepala daerah saling bekerjasama.

"Pelabuhan besar sudah ada di Manokwari, kalau bisa bandaranya biar di Manokwari Selatan. Lokasinya strategis, lahan sudah siap sehingga tidak ada kendala lagi jika harus dikembangkan menjadi bandara internasional," sebutnya.

Dia mengutarakan, wilayah Manokwari Raya memiliki potensi sumber daya alam cukup besar. Infrastuktur terutama perhubungan masih menjadi kendala.

"Kita punya potensi pariwisata, pertanian dan perkebunan, pertambangan, budaya dan banyak potensi lain. Kalau seluruh kepala daerah sepakat bekerja sama dalam pembangunan Manokwari Raya akan berkembang pesat," katanya. (*)

 

 

loading...

Sebelumnya

Gubernur Papua Barat lantik tiga kepala daerah wilayah Sorong Raya

Selanjutnya

Papua Barat percepat penyelesaian batas wilayah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe