Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Polhukam
  3. Legislator ancam usir PT Modern dari Meepago 
  • Rabu, 23 Agustus 2017 — 17:34
  • 814x views

Legislator ancam usir PT Modern dari Meepago 

Ia mengatakan, pihaknya sudah pernah bertemu pihak terkait, dan berulang kali mengingatkan PT Modern segera memenuhi tuntutan ganti rugi material masyarakat adat dengan nilai Rp3 miliar. 
Peta pembangunan jalan trans Papua - Dok. Bappnas
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Galuwo

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Jayapura, Jubi - Legislator Papua dari daerah pemilihan kabupaten di wilayah adat Meepago yakni Paniai, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Nabire dan Mimika, Decky Nawipa mengancam akan menggerakkan masyarakat di beberapa kabupaten di Meepago, khususnya Paniai, jika PT Modern, perusahaan yang mengerjakan pembangunan jalan trans Papua Paniai-Intan Jaya, tidak memenuhi kewajibannya membayar ganti rugi material kepada masyarakat adat setempat.

Ia mengatakan, pihaknya sudah pernah bertemu pihak terkait, dan berulang kali mengingatkan PT Modern segera memenuhi tuntutan ganti rugi material masyarakat adat dengan nilai Rp3 miliar. 

"Kalau perusahaan ini tidak memenuhi tuntutan ganti rugi masyarakat adat, saya akan berupaya agar perusahaan ini angkat kaki dari Paniai," kata Decky, Rabu (23/8/2017).

Namun menurutnya, sebelum itu, ia akan berupaya bertemu pihak PT Modern atau pihak terkait lainnya untuk kembali mengingatkan ada tuntutan masyarakat yang belum dipenuhi.

"Saya akan berikan waktu hingga Desember 2017, kalau tidak ada respons, kami akan ambil tindakan," ujarnya.

Katanya, tuntutan ganti rugi material itu berasal dari masyarakat adat beberapa kampung di Paniai yakni Kampung Dauwagu, Yabomaida dan Toyaimoti, Distrik Aradide.

"Permintaan ini sudah disampaikan masyarakat sejak tahun lalu. Kami perwakilan dari dapil Meepago sudah berupaya agar perusahaan menyelesaikan tuntutan itu, tapi hingga kini belum ada realisasinya," katanya.

Legislator Papua lainnya dari daerah pemilihan Paniai dan sekitarnya, Laurenzus Kadepa, mengatakan masyarakat beberapa kampung di Paniai sejak tahun lalu mendesak Dinas PU Papua dan PT Modern segera memenuhi tuntutan itu.

“Masyarakat bukan tidak mendukung pembangunan. Hanya ingin hak-hak mereka dihargai. Jangan seolah perusahaan dan pihak terkait kesannya tidak peduli,” kata Kadepa. (*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Komnas HAM temukan masalah di PSU Kabupaten Jayapura

Selanjutnya

Ditemukan mobilisasi massa PSU di Kabupaten Jayapura

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe