Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Dunia
  3. Mozaik langka berusia 1.500 tahun ditemukan
  • Kamis, 24 Agustus 2017 — 16:51
  • 1218x views

Mozaik langka berusia 1.500 tahun ditemukan

Prasasti tersebut menyebutkan nama Kaisar Romawi abad ke-6 Justinian dan juga Constantine, yang melayani sebagai kepala biara sebuah gereja yang didirikan oleh Justinian di Yerusalem.
Ilustrasi. Jubi/tes.com
ANTARA
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Yerusalem, Jubi - Lantai mosaik berusia 1.500 tahun dengan tulisan Yunani ditemukan selama pengerjaan pemasangan kabel komunikasi di Kota Tua Yerusalem, Rabu.

Prasasti tersebut menyebutkan nama Kaisar Romawi abad ke-6 Justinian dan juga Constantine, yang melayani sebagai kepala biara sebuah gereja yang didirikan oleh Justinian di Yerusalem.

Arkeolog percaya prasasti tersebut akan membantu mereka memahami proyek bangunan Justinian di kota tersebut.

Tulisan lengkapnya berbunyi, "Kaisar Romawi paling agung Flavius Justinian dan pendeta dan kepala biara yang paling penuh kasih sayang, Constantine, mendirikan bangunan tempat (mosaik ini) berada selama indiksi ke-14." Indiksi adalah metode kuno penghitungan tahun yang digunakan untuk tujuan perpajakan.

Prasasti itu menunjukkan waktu mosaik tersebut sekitar pada 550/551 M.

Justinian adalah salah satu penguasa terpenting di era Bizantium. Pada tahun 543 M, ia mendirikan Gereja Nea di Yerusalem, yang merupakan salah satu gereja Kristen terbesar di Kekaisaran Romawi timur dan yang terbesar di Yerusalem pada saat itu.

"Fakta bahwa prasasti itu bisa bertahan adalah keajaiban arkeologi," ungkap direktur penggalian atas nama Otoritas Kepurbakalaan Israel David Gellman dalam pernyataannya.(*)
 

loading...

#

Sebelumnya

Yordania buka bursa kerja pertama di pengungsian Suriah

Selanjutnya

Muslim Syiah Afganistan minta perlindungan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe