Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Gubernur Papua minta Poskamling difungsikan kembali
  • Jumat, 25 Agustus 2017 — 14:01
  • 485x views

Gubernur Papua minta Poskamling difungsikan kembali

Gubernur Papua Lukas Enembe minta masyarakat di wilayahnya untuk memfungsikan kembali Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) di tingkat kampung maupun kelurahan.
Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) saat mengikuti pelatihan - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Dewi Wulandari

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jayapura, Jubi - Gubernur Papua Lukas Enembe minta masyarakat di wilayahnya untuk memfungsikan kembali Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) di tingkat kampung maupun kelurahan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Papua, Alex Korwa, mengatakan fungsi dari Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) saat ini sudah tidak kelihatan, untuk itu keberadaan Poskamling harus digalakkan kembali.

"Perlu kita menggalakkan kembali Poskamling, sehingga  keadaan lingkungan menjadi aman," kata Alex, usai melantik 30 anggota Satlinmas Satpol PP, di Jayapura, Jumat (25/8/2017).

Ia tekankan Pemerintah Provinsi Papua terus berupaya melalui beberapa program kegiatan untuk membina dan membentuk Satlinmas disetiap tingkatan baik dari provinsi sampai di tingkat kampung dan kelurahan.

"Untuk itu, kami harap keberadaan Satlinmas menjadi pelopor dan  penggerak  di tengah-tengah masyarakat  demi terwujudnya kerjasama yang sinergi antara pemerintah daerah dengan TNI/Polri, tokoh masyarakat, RT/RW serta membentuk kelompok masyarakat guna menciptakan situasi aman," ucapnya.

Disamping itu, ujar ia, dalam menghadapi Pilkada serentak 2018, para anggota Satlinmas dituntut untuk menyiapkan diri melaksanakan tugas dalam mengamankan jalannya pemilihan.

"Hal tersebut sesuai amanat yang dituangkan dalam Peraturan Mendagri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilu," kata Alex Korwa.

"Marilah kita tingkatkan kooordinasi dan kerjasama dalam mensukseskan Pilkada Serentak  tahun 2018," tambahnya.

Secara terpisah, Asisten Bidang Pemerintahan dan Hukum Sekda Papua, Doren Wakerkwa, mengatakan dengan adanya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014  tentang Pemerintahan Daerah, Satpol PP Papua harus semakin dekat dengan rakyat.

"Satlinmas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Papua diingatkan untuk membangun citra positif di tengah-tengah masyarakat, dengan meningkatkan pelayanan," kata Doren.

Dia menambahkan, perlindungan masyarakat merupakan amanat yang dituangkan dalam undang-undang dan salah satu bentuk strategis dalam menjaga ketertiban dan ketenteraman masyarakat di setiap daerah, khususnya di Papua. (*)

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Elia Loupatty: UU tegaskan tambang dikelola Pemprov

Selanjutnya

Pemprov Papua minta BKD tarik kembali SK untuk UPTD

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe