Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Dituduh terlibat penipuan, Menteri di Samoa undur diri
  • Jumat, 25 Agustus 2017 — 15:44
  • 775x views

Dituduh terlibat penipuan, Menteri di Samoa undur diri

"Dia didakwa atas satu tuduhan penipuan. Istrinya juga menghadapi satu tuduhan dengan dasar hukum yang sama, selain mereka salah satu direktur lainnya juga menghadapi tuduhan pemalsuan dokumen."
Menteri Pertanian dan Perikanan Samoa mengundurkan diri akibat tuduhan penipuan - RNZ Pacific/Autagavaia Tipi Autagavaia
RNZI
Editor : Zely Ariane

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Apia, Jubi – Menteri Pertanian dan Perikanan Samoa, yang dulunya merupakan Juru Bicara  Parlementer, Laaulialemalietoa Leuatea Polataivao Fosi Schmidt, telah mengundurkan diri dari jabatannya setelah tuduhan penipuan dan penggelapan uang.

Istri Menteri Laauli dan satu orang lainnya juga telah menjadi tersangka.

Harian Samoa Observer melaporkan Menteri tersebut diduga menggelapkan lebih dari AS$50.000.

Laauli bersikukuh kepada media setempat bahwa dia tidak bersalah dan kebenaran akan diungkapkan di pengadilan.

Koresponden Radio New Zealand, Autagavaia Tipi Autagavaia, melaporkan Laauli akan tetap menjabat sebagai anggota parlemen. "Tuduhan ini berkaitan dengan bisnis jus mengkudu dengan perusahaan dimana Menteri Laauli berperan sebagai salah satu direktur," katanya.

"Dia didakwa atas satu tuduhan penipuan. Istrinya juga menghadapi satu tuduhan dengan dasar hukum yang sama, selain mereka salah satu direktur lainnya juga menghadapi tuduhan pemalsuan dokumen."

Pengadilan pertama untuk ketiga terdakwa akan berlangsung pada 18 September mendatang dengan hukuman penjara maksimal tujuh tahun.

Tuduhan tersebut menyusul keluhan dari direktur lainnya di perusahaan yang sama, yang juga merupakan Asisten Menteri di Kementerian Perdana Menteri dan Kabinet serta Kementerian Kepolisian, Peseta Vaifou Tevaga.

Peseta menuduh seorang manajer sementara dan dua direktur perusahaan lainnya, termasuk Menteri Laauli, dengan tuduhan ketidakjujuran ​​atas sebuah setoran di rekening bank.

Pengacara Peseta menuduh pembayaran untuk penjualan jus mengkudu pada bulan Mei dan Oktober tahun lalu belum disetorkan ke rekening perusahaan.

Pengacara tersebut mengatakan pembayaran berjumlah ribuan dolar AS itu disimpan di rekening bank terpisah atas nama Samoa Delights, sebuah perusahaan berbeda yang juga dimiliki oleh kedua direktur yang menjadi tersangka, termasuk Menteri Laauli.

Pengacara tersebut juga mengatakan sejumlah uang milik perusahaan telah dicairkan dibawah nama seseorang yang bukan pemegang saham.

Pengacara tersangka menolak semua tuduhan tersebut.(Elisabeth C. Giay)

loading...

Sebelumnya

Bougainvilleans United Against Mining tetap lawan ekspansi pertambangan

Selanjutnya

Tiga RUU baru Vanuatu segera dibahas Parlemen

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Rabu, 18 Juli 2018 WP | 4598x views
Nabire Membangun |— Selasa, 17 Juli 2018 WP | 4393x views
Dunia |— Minggu, 22 Juli 2018 WP | 4018x views
Jayapura Membangun |— Selasa, 17 Juli 2018 WP | 3517x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe