Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Pemerintah tetapkan harga eceran tertinggi beras
  • Jumat, 25 Agustus 2017 — 16:06
  • 1619x views

Pemerintah tetapkan harga eceran tertinggi beras

Sementara untuk Maluku termasuk Maluku Utara dan Papua, Harga Eceran Tertinggi beras kualitas medium sebesar Rp10.250 per kilogram dan Rp13.600 untuk beras jenis premium.
Ilustrasi gudang beras milik bulog di Wamena - IST
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Zely Ariane

Papua No. 1 News Portal I Jubi,

Jakarta, Jubi - Pemerintah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk komoditas beras kualitas medium dan premium, dalam upaya untuk mempertahankan daya beli masyarakat dan mengendalikan tingkat inflasi.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam jumpa pers mengatakan penetapan HET beras kualitas medium dan premium telah disepakati oleh para pelaku usaha perberasan nasional dan mulai berlaku 1 September 2017.

"Dalam menentukan harga ini tidak mudah, ini adalah harga tertinggi. Turun boleh, tapi naik lebih dari HET itu tidak dibenarkan. Dan ini berlaku di pasar ritel modern dan pasar tradisional," kata Enggartiasto, di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Ketentuan yang akan diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan tersebut saat ini sedang dalam proses diundangkan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Penetapan HET beras kualitas medium tersebut, untuk wilayah Jawa, Lampung, Sumatera Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi sebesar Rp9.450 per kilogram, dan Rp12.800 untuk jenis premium.

Wilayah Sumatera, tidak termasuk Lampung dan Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan untuk beras kualitas medium Rp9.950 dan premium 13.300 per kilogram.

Sementara untu Maluku termasuk Maluku Utara dan Papua, HET beras kualitas medium sebesar Rp10.250 per kilogram dan Rp13.600 untuk beras jenis premium.

"Untuk HET beras medium Rp9.450 per kilogram itu umumnya daerah produsen beras. Sementara wilayah lain kami sudah berhitung termasuk biaya transportasinya," ujar Enggartiasto.

Pemerintah saat ini sudah mengelompokkan tiga jenis beras yang nantinya akan diatur melalui Peraturan Menteri Pertanian. Kelompok pertama adalah beras jenis medium yang memiliki spesifikasi derajat sosoh minimal 95 persen, kadar air maksimal 14 persen dan butir patah maksimal 25 persen.

Beras kualitas medium tersebut bisa berbentuk curah atau kemasan, dan wajib mencantumkan label medium dengan HET pada kemasannya.

Kemudian jenis beras premium adalah beras yang memiliki spesifikasi derajat sosoh 95 persen, kadar air maksimal 14 persen dan butir patah maksimal 15 persen. Beras jenis premium dikemas dan wajib mencantumkan label premium dan HET tertinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso mengatakan pihaknya akan segera menyosialisasikan kepada para anggota Perpadi di seluruh wilayah Indonesia terkait HET beras tersebut.

"Teman-teman di daerah itu sudah ingin putusan ini cepat. Harga di daerah akan menyesuaikan untuk bisa menghasilkan harga jual," ucap Sutarto.

Berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kemendag, harga rata-rata nasional untuk beras kualitas medium pada Kamis (24/8) Rp10.608 per kilogram, naik dari hari sebelumnya yang sebesar Rp10.606 per kilogram.

Sementara untuk harga di beberapa kota yang masuk dalam wilayah produsen beras seperti, Bandar Lampung tercatat harga beras medium Rp8.700 per kilogram dan Palu sebesar Rp10.000 per kilogram.

Sementara di kota yang bukan termasuk wilayah produsen beras seperti Jayapura, harga mencapai Rp14.000 per kilogram dan di Ambon Rp12.000 per kilogram.(*)

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Kongres Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) I sukses bentuk pengurus periode 2017-2020

Selanjutnya

Mengapa gadis Afrika Selatan ini mau berenang melintasi Danau Jenewa demi Papua?

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe